Kapolda Tornagogo Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur dengan Bercocok Tanam

0
266
Kapolda Papua Barat Brigjend (Pol) Turnagogo Sihombing menanam di lahan Polda Papua Barat, Jumat (8/4/2020).(Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM– Polda Papua Barat  melakukan Bakti Sosial dan Aksi Peduli Ketahanan Pangan di lahan milik Polda Papua Barat, Jumat (8/5/2020). Kegiatan ini dihadiri warga setempat, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten, Kepala Dinas Pertanian Provinsi yang diwakili, Kepala Suku setempat dan para anggota Polda Papua Barat.
Kapolda Papua Barat Brigjen (Pol) Tornagogo Sihombing mengatakan kegiatan yang dilakukan Polda diluas lahan 3 ha milik  Polda Papua Barat ini untuk mengajarkan masyarakat bagaimana  bisa mandiri, produktif, terlebih bagi generasi muda yang putus sekolah atau yang menganggur.
“Daripada mereka itu berbuat sesuatu yang kita tidak inginkan dan mengganggu masyarakat, lebih baik justru figur-figur yang potensial ini bisa produktif memberikan tenaga,  pikirannya untuk betul-betul bisa kita ajari untuk bercocok tanam,” ungkap Kapolda saat ditemui wartawan.
Ia mengajak masyarakat di Papua Barat khususnya Manokwari untuk memanfaatkan lahan tidur yang cukup besar dengan curah hujan yang tinggi untuk bisa menanam jagung, ubi, keladi, sayuran, dan rempah-rempah. “Karena tanaman ini sangat gampang untuk ditanam dan hasilnya bisa di makan dan dijual, Selain menanam kita juga bisa membudidayakan ikan air tawar, “ ajak Kapolda.

Dinas Pertanian Kabupaten dan Provinsi juga memiliki program-program, yang dalam hal ini Polri akan menjembatani, agar masyarakat bisa taat dan bisa ikut apa yang nantinya akan disarankan dinas terkait. “Lahan Polda Papua Barat ini akan menjadi percontohan, yang melibatkan masyarakat disekitar, nantinya kita akan meninjau lagi lahan-lahan mana yang bisa di kelolah. Semua itu merupakan salah satu cara bagaimana supaya begal tidak ada, supaya kasus-kasus pencurian, kekerasan juga bisa kita meminimalisir,” tuturnya.
Dari pantauan klikpapua.com, Kapolda beserta tamu undangan melakukan penanaman bibit jagung secara simbolis dan menaburkan benih di kolam terpal yang telah disediakan. Kapolda juga menyerahkan bantuan bibit tanaman, sabit dan alat-alat pertanian lainnya secara simbolis kepada mereka yang sudah di tunjuk. (aa/bm)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.