Jurnalis Papua Barat Diajak Mengenang Sejarah Pers Indonesia di Museum Penerangan TMII

0

JAKARTA, KLIKPAPUA.com- Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) mengundang perwakilan jurnalis Papua Barat dan Papua Barat Daya dalam hajat Kunjungan Jurnalis (Kunjur) Papua.

Kunjar dengan tema “Jurnalis Bermartabat, Media Massa Kuat, Indonesia Hebat” ini melibatkan 10 media massa cetak dan elektronik di Papua Barat dan Papua Barat Daya yang akan berlangsung sejak 16-23 September 2023 di Jakarta dan Bandung.

Di hari pertama, 10 pewarta tersebut berkesempatan mengunjungi Museum Penerangan (Muspen) yang berlokasi di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII), pada Minggu (17/9/2023).

Para jurnalis berkesempatan melihat secara langsung ragam koleksi bidang komunikasi dan informatika yang ada di Museum Penerangan.

Memori dan kenangan tentang perjuangan pers untuk mencari kebenaran berita seakan tersimpan apik di Museum Penerangan tersebut. Pers di Indonesia telah melewati beberapa fase yang cukup menegangkan hingga dapat merasakan kebebasannya sekarang.

Ketua Tim Kerja Kemitraan dan Humas Muspen, Fransisca Melinda Rosaria, mengaku sangat senang atas kunjungan para pewarta dari Papua Barat. Harapanya, para jurnalis dari Papua Barat bisa ikut berperan mendongkrak minat masyarakat untuk berkunjungan ke museum.

“Kami berharap teman- teman jurnalis dari Papua Barat bisa membantu untuk memperkenalkan museum itu asik dan dekat dengan mereka. Hal ini dikarenakan Museum Penerangan memiliki nenek moyang-nya handphone. Itu relevan sekali dengan anak-anak muda,” tuturnya.

Selain berkunjung langsung, jelas Fransisca, masyarakat juga bisa melakukan kunjungan ke Muspen secara online atau virtual tour.

Ia menyatakan bahwa Museum Penerangan diresmikan pada 20 April 1993 dengan mematrikan nama Penerangan yang menjadi saksi sejarah Kementerian bidang komunikasi, yang menjadi 12 kementerian pertama pasca-Indonesia Merdeka.

Muspen merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Selain ke Muspen, para jurnalis pun berkesempatan mengunjungi Anjungan Papua di TMII.

Kemkominfo menggelar kunjungan jurnalistik ke instansi, perguruan tinggi, dewan pers dan kantor media massa di Jakarta dan Bandung guna membangun jejaring dan memberikan penyegaran bagi wartawan asli Papua. (dra)





Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.