Jadi Rujukan Pasien Covid-19, RSUD Manokwari Siap Terima dari Kabupaten Tetangga

0
299
Sekda Manokwari, Aljabar Makatita. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI, KLIKPAPUA.COM– Sekda Kabupaten Manokwari, Aljabar Makatita menegaskan bahwa RSUD Manokwari siap sebagai Rumah Sakit Rujukan pasien Covid-19. “Ini sudah ditentukan Kementerian Kesehatan RI. Oleh sbab itu pada saat rapat ini juga saya menghadirkan  Direktur RSUD Manokwari, pada prinsipnya kami siap,” ungkap Aljabar Makatitta dalam rapat membahas kunker Pejabat Negara di Swiss-Belhotel, Senin (6/7/2020).
Selain itu, aku Aljabar Makatita, pihaknya juga siap melaksanakan instruksi Gubernur. Namun berharap kedepan akan terus membangun komunikasi dengan pihak RSU Provinsi Papua Barat, apabila ada hal-hal yang tidak bisa ditangani oleh RSUD Manokwari. “Kami juga berharap selain RSUD Manokwari sebagai rumah sakit rujukan, kami juga minta rumah sakit-rumah sakit  yang ada di Manokwari, seperti RS Bhayangkara, RS Kodam dan RSAL juga bisa ikut menangani pasien positif Covid-19,” ungkap Aljabar.
Pasalnya, RSUD Manokwari memiliki keterbatasan jumlah tenaga medis. “Kami juga mau menyampaikan khusus untuk PCR petugasnya sedang training di Makassar, mudah-mudahan dalam  10 hari kedepan mereka sudah kembali untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Aljabar Makatita.
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dalam rapat persiapan kunjungan memberikan apresiasi kepada Pememerintah Kabupaten Manokwari, dengan keterbatasan sarana dan prasarana serta tenaga kesehatan, telah menyatakan siap menjadikan RSUD Manokwari sebagai rumah sakit rujukan pasien positif Covid-19.
Gubernur membeberkan, untuk jumlah  pasien postif Covid-19 yang ada di Kabupaten Manokwari sudah berjumlah 21 orang, dengan rincian 10 pasien sembuh, sementara 11 masih dirawat di Rumah Sakit Provinsi Papua Barat. “Setelah 11 orang pasien tersebut sembuh maka, RSU Provinsi tidak lagi menerima pasien positif, karena Pemerintah Kabupaten  Manokwari melalui RSUD Manokwari sudah menyatakan kesiapan sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19,” ucap Dominggus.
Namun jika nantinya RSUD Manokwari penuh, maka sebagian pasien akan ditempatkan di Rumah Sakit Provinsi Papua Barat. RSUD Manokwari juga akan menangani pasien Covid-19 dari Kabupaten Pegaf, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Tambrauw, Kabupaten Maybrat. “Maybrat juga bisa ke Sorong sehingga semua harus tetap standby,” tukasnya.(aa/bm)
Editor: BUSTAM
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.