Ini Pesan Kakanwil Kemenag Papua Barat Selama Bulan Suci Ramadhan 1442H

0
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Barat, Yan Kristianus Kadang. (Foto: Ist)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1442 H / 2021 M, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Barat, Yan Kristianus Kadang mengajak seluruh umat beragama untuk bersama-sama menjaga suasana Kerukunan dan persaudaraan.
“Marilah sesama anak bangsa kita jaga suasana penuh kedamaian ini, agar saudara-saudara kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusuk dan hikmad,” tutur Yan Kristianus Kadang melalui pidato radio, Senin (12/4/2021).
Lanjut kata Ka. Kanwil Kemenag Papua Barat, bulan suci Ramadhan adalah momentum istimewa sekaligus kesempatan berharga bagi umat Islam untuk meningkatkan keimanan, menumbuhkan kejujuran, keikhlasan dan kepedulian sosial. “Bulan puasa juga merupakan momentum bagi kita untuk melakukan evaluasi tahunan terhadap semua perilaku dan amalan selama sebelas bulan yang telah berlalu, baik yang berhubungan dengan Tuhan maupun dengan sesama manusia,” lanjutnya.
Disisi lain, karena bulan suci Ramadhan ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka pemerintah/Menteri Agama RI juga telah menerbitkan Instruksi Nomor 01 tahun 2021 tentang Gerakan Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan (5-M). Bahkan Menteri Agama RI juga meminta jajarannya untuk mengajak ormas dan tokoh agama dalam sosialisasi protokol kesehatan tersebut.
“Ini merupakan bagian dari upaya kita untuk menekan laju paparan covid-19 dan tentu saja ini bagian dari tugas kemanusiaan kita. Instruksi ini melengkapi sejumlah ketentuan dan pedoman dalam penyelenggaraan layanan keagamaan di masa Pandemi yang telah diterbitkan sebelumnya oleh Kementerian Agama,” jelas Yan.
Diakhir arahannya, Yan mengajak seluruh umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini dengan penuh semangat dan sukacita tanpa mengabaikan protokol kesehatan. (rls/kp1)

Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.