Himpun Masukan, Pj Gubernur Waterpauw Dialog Bersama Praktisi Pariwisata

0
49
Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol. (P) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si, bertemu para praktisi pariwisata, Minggu (26/6/2022). (Foto: Ist)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com –  Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol. (P) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si, bertemu para praktisi pariwisata, Minggu (27/6/2022) di Amban Beach Cafe.
Tampak hadir Wakil Ketua DPD HPI Papua Barat Yansen Saragih, SS., M.Par , Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Yayasan Anak Air Pulau Papua (YAAP), dan beberapa komunitas yang berkecimpung dalam dunia kepariwisataan, olahraga bahari dan pelestarian lingkungan hidup.
Dalam pertemuan tersebut Pj Gubernur Waterpauw dengan seksama mendengarkan cerita para praktisi parawisata ini. Pj Gubernur Waterpauw terlihat mencatat berbagai masukan hal-hal penting dalam dialog tersebut.
Ketua DPD HPI Papua Barat juga sempat mempresentasikan ‘Program Strategis HPI Dalam Membangun Pariwisata Pasca Pandemi Covid-19 sebagai Solusi Peningkatan Ekonomi Daerah’.
Promosi Hal Penting
General Manager Travel Papua Anggi Sengkerij memaparkan mengenai berbagai aktivitas promosi di sejumlah pameran wisata di beberapa negara di Eropa yang telah dilakukan untuk mendatangkan wisatawan ke Tanah Papua.
Menurut Anggi, keikutsertaan Papua Barat dalam sejumlah ajang promosi pariwisata adalah hal yang penting dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Tanah Papua.
“Para pemandu di lapangan, selain harus mendapat sertifikasi kompetensi, mereka perlu dibekali juga dengan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mereka dalam melayani wisatawan,” tambahnya.
Sementara itu Ketua Yayasan Anak Air Pulau Papua (YAPP) Agus Rumbewas kepada Pj Gubernur mengatakan bahwa pihaknya selama ini membina para atlet olahraga bahari, baik yang masih aktif maupun yang telah lewat usia prestasinya dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pelestarian alam pesisir. seperti pembersihan sampah, pelepasan tukik dan penanaman terumbu karang.
Agus Rumbewas meminta pemerintah untuk membentuk pasukan biru demi menjaga kebersihan perairan dan pantai di Papua Barat dari sampah. “Kalau di darat ada pasukan kuning, ada baiknya juga di laut dibentuk pasukan biru,” kata Agus Rumbewas kepada Pj Gubernur Waterpauw.
Pemilik  Amban Beach Cafe Theo Oldeth yang juga  Ketua Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) Theo Oldet, mengaku senang dengan kedatangan Gubernur Waterpauw.
“Senang juga surprise  Gubernur bisa datang  kesini  dan juga melakukan dialog dengan kami. Semoga pembicaraan kami akan ada hal baru bagi Gubernur Waterpauw untuk memajukan potensi wisata Papua Barat, ” ujar Theo yang sempat tinggal di Bali ini selama 15 tahun.
Menanggapi pertemuan ini  Pejabat Gubernur mengaku, pihaknya saat ini sengaja turun ke lapangan untuk melihat berbagai masalah dan belanja masalah di masyarakat guna dicarikan solusinya oleh pemerintah. ” Ini pertemuan baik  dan segala masukan muaranya adalah untuk memajukan potensi parawisata Papua Barat,”ujar Pj Gubernur. (rls)
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.