Hadirnya Bumdes Diharapkan Bisa Kembangkan Potensi yang Ada

0
284
Kepala Dinas Pembedayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Manokwari, Jeffri Sahaburua. (Foto: Aufrida/klikpapua.com)
MANOKWARI, KLIKPAPUA.COM– Dengan adanya Bumdes (Badan usaha milik desa) di setiap kampung diharapkan bisa mengembangkan potensi yang ada di wilayah sekitarnya. Sebab alasan Bumdes dibentuk karena melihat adanya potensi alam di tempat tersebut.
Demikian dikatakan Kepala Dinas Pembedayaan  Masyarakat dan Kampung Kabupaten Manokwari, Jeffri Sahaburua kepada awak media, Kamis (13/2/2020) di Pantura.
“Terkait potensi wisata, khususnya wilayah Manokwari Utara ini ada banyak, sehingga kita harapkan Bumdes yang ada bisa kembangkan itu, misalnya kita lihat Pantai Waysupi di Kampung Lebau, itu bisa dikembangkan oleh Bumdes,” jelasnya.
Pengembangan potensi wisata tersebut dilakukan oleh Bumdes, namun dananya berasal dari pemerintah kampung yang diperoleh dari dana kampung. “Nantinya dari pemerintah kampung memberikan dana yang diperoleh dari dana desa untuk perkembangan potensi wisata Pantai Waysupi yang dikelolah langsung oleh bumdes saat ini,” tuturnya.
Saat ditanya untuk berapa bumdes yang ada di Manokwari Utara Jeffri menyampaikan, ada 2 atau 3 kampung yang dibentuk bumdes.“Kita berupaya agar kampung lain juga dibentuk Bumdes agar bisa dikembangkan potensi yang ada di sekitar kampung tersebut. Bumdes itu dibentuk untuk melihat potensi lokal yang ada di kampung itu yang bisa dikembangkan,” tegasnya.
Menyoal penyaluran Dana Desa, Jeffri menyampaikan di Manokwari akan dilakukan bulan ini. Saat ini sedang menunggu Peraturan Bupati tentang Dana Desa dan Peraturan Bupati tentang Pengalokasian dana desa.
“Untuk sementara APBDnya  lagi digarap di bagian hukum, saya sudah berkomunikasi dengan bagian hukum kalau bisa secepatnya, dan untuk kampung yang laporannya sudah masuk kita langsung bisa eksekusi penyaluran dana desa tersebut,”  tambahnya. (aa/bm)
Editor: BUSTAM

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.