Gubernur: Rakerda PKK se-Papua Barat Diharap Menjadi Media Harmonisasi 10 Program PKK

0
24
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com– Gubernur Papua Barat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PKK Se-Papua Barat di Swiss-Belhotel Manokwari, Selasa (14/9/2021). Gubernur dalam sambutannya mengatakan, Rakerda PKK se- Papua Barat sebagai komitmen tim penggerak PKK dalam menyatakan dukungan kepada pemerintah  daerah melalui 10 program pokok PKK untuk lima tahun kedepan.
Selaku Ketua Pembina, Gubernur  berharap Rakerda PKK juga menjadi media hormonisasi dan kesepakatan pelaksanaan 10 program pokok PKK di semua jenjang. Menurut Gubernur, program pemberdayaan masyarakat diarahkan untuk merubah pola perilaku masyarakat, dalam meningkatkan kemampuan dan kemandirian melalui empat aspek yaitu aspek perlindungan sosial, peningkatan kapasitas, peningkatan aksessibilitas dan pemanfaatan potensi lokal untuk dapat mewujudkan kesejahteraan  masyarakat, tentunya dibutuhkan sumbangsi pikiran dan aksi nyata dari para pekerja program pemberdayaan masyarakat agar terwujud kesetaraan, partisipasi, keswadayaan dan kemandirian masyarakat sebagai pelaku dan penerima  hasil pembangunan.
Gerakan PKK sebagai gerakan pembangunan masyarakat, sebut Gubernur, memiliki peran dan peluang sangat besar dalam mendorong terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan pemberdayaan  dan partisipasi masyarakat yang mencakup empat aspek tersebut.
Dikatakan Gubernur, bekerja untuk masyarakat tidak mudah pasti ada tantangan, namun jika dikerjakan dengan hati yang tulus maka tantangan seberat apapun dapat dilewati. “Jadikan tantangan itu sebagai pemicu untuk melaksanakan  fungsi PKK sebagai fasilitator  perencanaan, pelaksana, pengendali dan penggerak ditengah-tengah masyarakat,” katanya.
Gubernur berharap para pembina tim Penggerak PKK Provinsi Papua Barat  yakni OPD teknis terkait turut mendukung atas program dan kegiatan yang telah ditetapkan oleh tim Penggerak PKK Provinsi Papua barat.  “Tentunya sesuai dengan aturan yang berlaku,” harap Gubernur.
Gubernur menambahkan, dimana untuk  mewujudkan visi dan misi kepala daerah dalam Rancangan Pembangunan  Jangka Menengah  Daerah (RPJMD)  pemerintah tidak dapat bekerja sendiri tanpa dukungan  seluruh elemen masyarakat yang ada di Provinsi Papua Barat, maupun kabupaten dan kota, sehingga dibutuhkan dukungan dan partisipasi semua mitra pemerintah untuk mewujudkan visi dan misi tersebut.
“Pemerintah  Provinsi Papua Barat berupaya melakukan pembangunan disegala aspek yakni aspek politik, ekonomi, sosial budaya, pendidikan, semua dilakukan secara terencana, berkesinambungan untuk tercapainya Papua Barat yang aman, sejahtera, dan bermartabat,” ujar Gubernur.
“Kita sudah 2 tahun berada dimasa pandemi, namun pemerintah terus berupaya  untuk tetap berkomitmen dalam mewujudkan  Papua Barat yang aman, sejahtera, dan bermartabat. Saya mengucapkan terima kasih kepada Tim Penggerak PKK  yang mengambil bagian dalam program  pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga bersama OPD teknis di provinsi Papua Barat, ” pungkasnya.(aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.