Gubernur : Pordarkamtibmas Bisa Menjadi Mitra Polri Menjaga Kamtibmas

0
150
Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan memberikan sambutan pada acara pengukuhan Pokdarkamtibmas Bhayangkara Papua Barat/Kelompok Sadar Keamanan, Ketertiban Masyarakat wilayah Papua Barat, Senin (20/7/2020) di aula Mapolda Papua Barat.
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM– Pengukuhan Pokdarkamtibmas Bhayangkara Papua Barat, kelompok sadar keamanan, ketertiban masyarakat wilayah Papua Barat, Senin (20/7/2020) di aula Mapolda Papua Barat dihadiri Gubernur Papua Barat serta unsur Forkopimda.
Kapolda Papua Barat  Irjen Pol Tornagogo Sihombing mengucapkan selamat kepada para pengurus yang telah dikukuhkan. Dikatakan bahwa setiap warga masyarakat dapat terlibat aktif dalam menjaga terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat.
Pordarkamtibmas atau kelompok sadar keamanan dan ketertiban masyarakat adalah organisasi  masyarakat  yang bertugas secara sukarela  membantu penegakan  hukum untuk mengamankan  dan menertibkan masyarakat. Visi Pordarkamtibmas menjadi sahabat dan menjalin kemitraan  masyarakat dengan Polri  dan peningkatan kesadaran hukum dan cegah tangkal gangguan kamtibmas. Misinya hadir ditengah masyarakat untuk memberikan peningkatan kesadaran kamtibmas dan hukum.
Lebih lanjut Kapolda menyampaikan, dalam rangka mewujudkan kamtibmas, pelaksanaan tugasnya lebih mengutamakan kegiatan pencegahan  dan penangkalan terhadap gangguan kamtibmas. “Upayanya dapat dilakukan dengan membangun kemitraan antara Polri dan Pordarkamtibmas, agar bersama-sama  dapat mengidentifikasi dan mencari solusi permasalahan, sehingga tidak berkembang hingga terjadi gangguan kamtibmas,” ucapnya.
Sementara itu, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengatakan, amanah yang telah diberikan ini agar dapat menumbuhkan semangat baru dalam bekerja dan berkarya dengan penuh rasa tanggung jawab untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Papua Barat.
Dikatakan gubernur, bahwa masalah gangguan kamtibmas pada dasarnya adalah masalah yang sangat kompleks, apabila hal ini dibiarkan atau tidak ada upaya pencegahannya, maka cenderung dapat meningkatnya kejahatan, baik kuantitas maupun kualitasnya. “Dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, penegak hukum hendaknya senantiasa memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat. Ini dapat dilakukan dengan membangun kemitraan antara Polri dan Pokdar Kamtibmas,” ujar Dominggus.
Gubernur berharap Pokdarkamtibmas Bhayangkara sebagai mitra polisi dalam membantu upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat, hendaknya dapat berperan sebagai sumber informasi dan dapat mendeteksi kemungkinan timbulnya masalah sosial dan ekonomi di tengah – tengah masyarakat dan mampu memecahkan masalah melalui cara musyawarah untuk mencapai mufakat.
Disamping itu diharapkan pula Pokdarkamtibmas bersama – sama Polri terus melakukan pendekatan terhadap warga masyarakat yang memiliki potensi untuk diberdayakan dalam rangka penyelenggaraan sistem keamanaan swakarsa, guna mewujudkan kamtibmas yang kondusif. Hal ini terus didorong guna meningkatkan kepatuhan dan ketaatan terhadap aturan hukum yang berlaku melalui penyuluhan / edukasi sadar hukum kepada masyarakat guna mencegah secara dini ancaman / gangguan kamtibmas ditengah – tengah masyarakat, demi mewujudkan provinsi Papua Barat yang kondusif. (aa)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.