Genius Science Expo “G- Expo” Tahun 2022 Menjadi Ajang Menarik Siswa Menyukai Sains

0
36
Genius Science Expo tahun 2022
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Kepala Biro Perencanaan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Dr. Ir. Bachril Bakri, M. App.Sc  didampingi Pendiri Yayasan Pendidikan Genius, Kabag Umum Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri serta Kabag Program dan Umum Kemendagri resmi membuka Genius Science Expo 2022 pada 16 Juni 2022 lalu.
Sebelum masuk pada sesi pembukaan,  Kepala Biro Perencanaan  juga sempat mengikuti seminar riset planary sesion yang dibawakan ole siswa kelas X; Faiz Atsaal (Kota Ambon) dan Revalin Meres (Kabupaten Teluk Wondama) dengan judul Perbandingan Efektivitas Adsorpsi Air oleh Silika dari Sekam Padi dan Tongkol Jagung.
Kemudian dilanjutkan dengan seminar kedua yang membahas mengenai Pendidikan di Indonesia Timur yang disajikan oleh Timotius R. Deal (Kabupaten Pegunungan Bintang) dan Mickhael Reihan Djankan (Kota Ambon).
Dalam pidato sambutannya, Kepala Biro Perencanaan Kemendagri menyampaikan rasa bangga kepada siswa-siswi sekolah Genius yang berhasil menyajikan berbagai karya risetnya dengan baik di depan audiens.
Dalam acara pembukaan Genius Science Expo tahun 2022 yang sangat meriah itu, Musa Agapa siswa kelas VI asal Kabupaten Pegunungan Bintang mewakili teman-temannya membawakan orasi ilmiah dengan berani dan penuh percaya diri. Dalam orasinya.
Musa menyampaikan bahwa setiap orang bisa berubah menjadi lebih baik. “Perubahan Bisa dilakukan melalui pendidikan asalkan memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik, seperti yang saya saat ini miliki,” ujarnya.
Kegiatan  yang diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan kecintaan terhadap dunia sains. G- Expo tahun 2022 juga diharapkan  bisa menjadi pemantik semangat siswa untuk terus berkarya dan mencipta dalam gempuran persaingan global. Pada tahun ini, G-Expo mengusung tema “Dari Timur Berkarya Membangun Bangsa” untuk menampilkan hasil karya riset siswa-siswi yang telah dilakukan selama satu tahun ajaran terakhir.
Acara ini turut dihadiri oleh Kabag Umum Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, perwakilan Direktorat Regional III Bappenas serta para perwakilan Pemerintah Daerah dari Papua dan Papua Barat serta perwakilan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku dan juga  para orangtua siswa sekolah Genius. Dan diikuti oleh  131 siswa peserta yang terdiri dari 37 peserta didik tingkat SD dan 43 peserta didik tingkat SMP dan 55 peserta didik tingkat SMA. (adv)

 

SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.