Edi Budoyo: Pelatihan Bamuskam Kebutuhan Mendesak

0
193
Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo memberikan sambutan pada pembukaan pelatihan Bamuskam di Manokwari,Rabu. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM– Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Badan Permusyawaratan Kampung (Bamuskam) Kabupaten Manokwari  dibuka langsung oleh Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo, Rabu (26/2/2020).
Edi Budoyo mengatakan pelatihan peningkatan kapasitas kelembagaan Bamuskam (Badan Permusyawaratan Kampung) ini sudah merupakan  sebuah kebutuhan  yang mendesak, mengingat terbitnya UU No 6 tahun 2014 telah membawa perubahan  besar bagi desa, baik secara ekonomi, politik maupun budaya, sehingga desa dapat mensejahterakan warganya yang secara tidak langsung  ikut serta berperan  aktif dalam membangun Indonesia.
Dengan adanya kewenangan dan dana yang diberikan kepada desa maka secara otomotis  harus melibatkan Bamuskam dalam perencanaan,  penggunaan, pelaporan dan pertanggungjawaban.
“Dalam perencanaan Bamuskam harus  mengadakan musyawarah kampung untuk membahas dan menyepakati  peraturan kampung tentang rencana  kerja pemerintah kampung.  Pengelolaan atau penggunaan anggaran Bamuskam berperan untuk mengawasi  penggunaan anggaran tersebut,” ungkap Edi Budoyo.
Peserta pelatihan Bamuskam.(Foto: Aufrida/klikpapua)
Lanjut Edi Budoyo mengatakan Pemerintah  Kabupaten Manokwari telah bertekad untuk memberikan  dukungan penuh kepada kepala kampung dan aparat pemerintah kampung beserta Bamuskam  melalui penyediaan  10%  alokasi dana kampung yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Kabupaten Manokwari.
“Pada kesempatan ini juga saya mau menegaskan kepada  Kepala Dinas Pemberdayaan KebitMasyarakat dan Kampung Kabupaten Manokwari beserta OPD terkait bahwa pelatihan ini sangat penting dan sangat relavan dengan fungsi , tugas dan kewajiban  Bamuskam yang selama ini kurang diperhatikan,” tegas Edi Budoyo.(aa/bm)
Editor: BUSTAM

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.