dr.Adhe Ismawan: Donor Darah Hari Ini Sangat Membantu Stok yang Lagi Kosong di Manokwari

0
103
Penanggungjawab UTD Provinsi Papua Barat, dr.Adhe Ismawan. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com—Donor darah yang dilakukan oleh Unit Transfusi Darah (UTD) Provinsi Papua Barat di RSU Provinsi hingga pukul 14.00 WIT terkumpul 24 kantong darah.
“Dengan adanya 24 kantong darah tersebut sudah sangat membantu  stok darah yang sedang kosong di Manokwari untuk empat  sampai lima hari kedepan,” kata dr.Adhe Ismawan, selaku penanggungjawab UTD Provinsi Papua Barat kepada klikpapua.com,Selasa (13/10/2020).
Menurut dr.Adhe, donor darah kali yang dilakukan ini, sangat berguna sekali, karena beberapa minggu terakhir stok darah di Manokwari sedang kosong.
Masa pandemi Covid-19 telah menyebabkan kegiatan donor di luar agak terbatas, sehingga  dengan adanya kegiatan donor seperti ini tentu akan sangat berguna dan membantu kebutuhan stok darah di Kabupaten Manokwari. “Semoga semua bisa digunakan agar bisa membantu pasien,” tutur dr.Adhe.
Sebelumnya, dr.Adhe mengatakan, untuk hari ini ditargetkan sebanyak 50 kantong darah. Namun hingga pukul 14.00 WIT, baru mendapatkan 24 kantong darah. “Kita harapkan teman-teman komunitas  bisa hadir untuk berpartisipasi dalam menyumbangkan setetes darah mereka  bagi warga masyarakat yang membutuhkannya,” katanya.
Dari kantong darah yang ada, darah O dan A yang paling dominan. Dan memang kebutuhan darah yang banyak dibutuhkan di Manokwari adalah dua darah tersebut. “Namun ada juga beberapa yang memiliki golongan darah AB,  B, tapi sudah disiapkan untuk pasien lain yang dalam waktu dekat membutuhkannya,” tutur dr.Adhe. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.