Dorong Kemajuan Olahraga di Papua Barat, Kodam XVIII/Kasuari Pelopori Liga Pelajar 

0
Pembukaan kompetisi Liga Pelajar Piala Pangdam XVIII/Kasuari tahun 2022, di Makodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Rabu (10/8/2022). (Foto: Pendam Kasuari)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77, termasuk dalam mendorong perkembangan dan kemajuan dunia olahraga di Papua Barat, Kodam XVIII/Kasuari memelopori kompetisi Liga Pelajar Piala Pangdam XVIII/Kasuari tahun 2022,  di Makodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Rabu (10/8/2022).
Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., dalam sambutannya menyampaikan bahwa olahraga bagian yang sangat penting dalam pembangunan watak bangsa dapat mengembangkan sportivitas, sifat kesatria dan kepatuhan pada aturan main.
“Melalui olahraga kita juga dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan, memiliki kepedulian, persaudaraan, dan kebersamaan khususnya di kalangan pelajar. Kita berharap negara kita lebih khusus lagi, Papua Barat ke depan terus mencetak prestasi yang membanggakan di bidang olahraga,” ucapnya.
Jenderal Bintang dua yang juga hobby olahraga dan olah vocal ini,  mengatakan dengan dilaksanakannya kegiatan ini semoga hasilnya berkualitas serta bermanfaat bagi prestasi olahraga khususnya dalam melahirkan atlet-atlet berbakat masa depan dalam mengharumkan Papua Barat ditingkat nasional.
Ia menambahkan, penyelengaraan kompetisi liga pelajar  ini kiranya dapat memberi semangat bagi para peserta untuk menampilkan permainan yang terbaik dan menarik. Disamping juga kita mengarahkan anak-anak muda dan pelajar memiliki kegiatan positif dan bermanfaat untuk dirinya dan juga lingkungan serta kepada semua pemain, mari bertandinglah dengan sungguh-sungguh, menjunjung tinggi sportivitas dan “fair play”
“Menang atau kalah adalah hal yang biasa namun yang penting diketahui bahwa kemenangan sejati hanya dimiliki oleh orang-orang yang berjuang tidak hanya mengandalkan otot dan strategi, tetapi juga mereka yang menjunjung tinggi sportifitas dan fair play dan ketaatan dalam mentaati aturan dan ketentuan yang berlaku dalam permainan,” kata Pangdam.
Sementara itu, Rikina Arebo Guru SMP N 10 Manokwari yang ditemui di sela-sela kegiatan menyatakan kebanggaannya dan sekaligus mengapresiasi kompetisi Liga Pelajar ini karena menurutnya ini baru pertama kali di gelar di Manokwari.
“Kami mengapresiasi kegiatan ini, kami merasa bangga karena dapat ikut serta dalam kegiatan ini, selanjutnya perlu kami sampaikan bahwa ini kegiatan yang sangat luar biasa, semoga kegiatan ini terus berlanjut kedepannya sehingga anak-anak dapat mengembangkan bakat olahraga yang dimiliki sehingga nantinya mampu bersaing pada tingkat nasional,” tuturnya.
Gelaran kompetisi Liga Pelajar Piala Pangdam XVIII/Kasuari tahun 2022 ini akan digelar mulai hari ini Rabu, 10 Agustus ditandai dengan pemukulan alat musik Tiva dan pelepasan balon keudara,  sampai dengan 5 Oktober 2022, dengan jenis cabang olahraga diantaranya Sepak Bola, Volly, Tari Yospan, Sepak Takraw, Tenis Meja dan Bola Kasti.
Adapun hari ini pertandingan yang sudah berlangsung mulai dari cabang olahraga sepak Bola mempertemukan antara SMA N Keberbakatan Olahraga (KOR) Papua Barat Vs SMK N 2 Manokwari, dengan kedudukan 5 – 2 untuk kemenangan SMAN  KOR, Pada cabang Volly putri dimenangkan SMP N 4 mengalahkan SMP N 10 Manokwari, sedang volly putra tercatat SMP 15 sebagai pemenang kalahkan SMP Erikson. Sementara dalam cabang Tenis Meja juga dipertandingkan untuk tingkat pelajar SMA dan SMP. (rls)

SPACE
SPACE
SPACE
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.