Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan PB Teken MoU dengan BRI Cabang Manokwari Terkait Kartu Tani

0
192
PT.Bank Rakyat Indonesia melaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Barat untuk penyaluran Kartu Tani. (Foto: Ardo/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Manokwari mengoptimalkan keberadan unit BRI Link dan Kios Pupuk Lengkap (KPL) untuk menyalurkan bantuan pupuk bersubsidi bagi para petani yang ada di Papua Barat, khususnya di Kabupaten Manokwari.
Penyaluran pupuk subsidi ini agar tepat sasaran kepada para petani yang ada di Papua Barat khususnya di Kabupaten Manokwari, Bank ber Plat Merah ini bekerja sama dengan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Dan Perkebunan Provinsi Papua Barat. Kerjasama ini diawali dengan penandatangan perjanjian kerjasama yang dilaksanakan di Sp 1, Distrik Prafi, Kabupaten Manokwari, Selasa (5/1/2021).
Penandatanganan kerjasama ini sekaligus disertai dengan penyerahan Kartu Tani kepada para petani dan penyerahan mesin EDC (yang berguna untuk mesin gesek kartu ATM/Debit) kepada pemilik KPL yang terdaftar di BRI.
Penyerahan secara simbolis Kartu Tani dan Mesin EDC kepada para petani dan KPL di Prafi. (Foto: Ardo/klikpapua)
Pimpinan BRI wilayah Papua dan Papua Barat melalui wakil nya, Muhammad Adib menyampaikan bahwa Program Kartu Tani ini adalah salah satu program pemerintah yang merupakan langkah mengoptimalkan distribusi pupuk bersubsidi secara tepat jenis, tepat jumlah, tepat harga, tepat mutu, tepat waktu dan tepat tempat.
Adib menambahkan, Kartu Tani ini adalah kartu ATM Co-Branding yang dapat membaca data petani dan kuota pupuk subsidi. “Jadi kartu tani dapat membaca data para petani dengan mengakses database kuota yang sudah terdaftar di E-RDKK Kementerian Pertanian melalui mesin EDC BRI Link yang dipasang di KPL,” ujar Adib.
Selanjutnya Adib mengatakan untuk percepatan implementasi Kartu Tani, kartu ini sudah bisa digunakan pada awal tahun 2021 sesuai surat Kementerian Pertanian pada 11 Juni 2020. Untuk itu pihak BRI sudah siap untuk menyalurkan nya dan bisa langsung diambil di Bank Rakyat Indonesia yang sudah ditetapkan berdasarkan data E-RDKK. Menurut data E-RDKK 2020, ada 10.000 petani di Papua Barat dan ada 50 KPL.
Selain itu disela-sela kegiatan, Pimpinan Cabang BRI Manokwari Rits De Fretes menyampaikan bahwa dengan diterbitkannya Kartu Tani ini berarti setiap petani sudah mempunyai nomor rekening sendiri dan sudah bisa digunakan untuk mengisi saldo agar bisa melakukan transaksi pembelian pupuk subsidi di KPL. ” Pembukaan Rekening ini gratis tanpa ada biaya apapun,”terang Rits.
Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Dan Perkebunan Provinsi Papua Barat, Yacob S. Fonataba mengatakan bahwa stok pupuk di Papua Barat aman tersedia. Dirinya berterima kasih dengan ada kerja sama ini berarti BRI sudah bersama – sama dengan Dinas untuk mengawasi pendistribusian pupuk subsidi agar tepat sasaran kepada para petani. (ars)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.