Dengan Segala Keterbatasan, RSUD Manokwari Berhasil Sembuhkan Pasien Covid-19

0
189
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM– Kesembuhan pasien paru baya yang merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dinyatakan sembuh dan dapat pulang untuk berkumpul bersama keluarga dan masyarakat.
Plt Direktur RSUD Manokwari dr. Maria CM Warwe mengatakan RSUD Manokwari merupakan rumah sakit rujukan untuk penanganan pasien Covid-19. Pada saat ditunjuk RSUD Manokwari sebenarnya belum siap, karena memiliki keterbatasan, dan belum memiliki fasilitas yang sesuai standar untuk penanganan pasien Covid-19.
Tetapi dengan keterbatasan baik menyangkut SDM, alkes, dan juga bangunan fisik, pihaknya tetap melakukan pelayanan sejak bulan Maret sampai Mei 2020 ini. “Namun puji syukur walaupun dengan keterbatasan RS kami ini, tapi dengan pertolongan Tuhan pasien PDP ini boleh dinyatakan sembuh,” ungkap Maria.
Ini merupakan prestasi yang luar biasa bagi RSUD Manokwari, karena pasien termasuk PDP berat. Sementara untuk merawat PDP berat harus didukung dengan fasilitas penunjang yang sesuai, namun dengan keterbatasan, terbukti pasien tersebut bisa melewati masa kritisnya dan sembuh. “Ini tidak terlepas dari dukungan tenaga kesehatan yang ada di lingkungan RS ini, dan juga semangat dari bapak Ruslan untuk mau sembuh, sehingga saat ini bapak boleh berada di antara kita,” ungkapnya.
Dalam pelayanan, kata dr. Maria, RSUD Manokwari sangat membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah, baik menyangkut SDM, dalam hal ini penambahan tenaga medis. “Karena kami tidak tahu sampai kapan Covid ini akan berakhir. Dia akan ada bersama-sama kita semua sepanjang perjalanan kita, kita tidak tahu sampai kapan berakhir,” ujarnya.
Lebih lanjut dr Maria menyampaikan  sangat mengharapkan dukungan dari pemerintah daerah dalam hal penambahan tenaga medis. Yang dibutuhkan saat ini adalah dokter spesialis anastesi, radiologi, patologi klinik, spesialis paru, spesialis bedah, spesialis oksigen. Terlepas dari SDM, pihaknya juga butuh keamanan untuk menjamin keamanan tenaga kesehatan selama bertugas di lingkup RSUD Manokwari.
Selain itu, tambah dr. Maria, yang sangat penting lagi adalah kesejahteraan dari tenaga kesehatan, perlu diperhatikan, agar pelayanan dapat berjalan sesuai yang diharapkan. “Pelayanan kami boleh maksimal, sehingga RSUD Manokwari ini dapat menjadi RS yang menjadi berkat bagi masyarakat Manokwari dan sekitarnya,” tuturnya.
Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Manokwari Edi Budoyo menanggapi pernyataan dr Maria terkait kesejahteraan tenaga kesehatan. Edi menyampaikan tentang kesejahteraan tenaga medis  akan menjadi perhatian pemda. “Dan akan saya bicarakan bersama kepala Dinas Kesehatan,’ ucapnya.(aa/bm)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.