Bupati Hermus: Pemkab Manokwari Komitmen Dukung Program JKN-KIS BPJS Kesehatan

0
124
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Pemerintah Kabupaten Manokwari, berkomitmen mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-KIS Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Manokwari.
“Pemda Manokwari berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan dibidang kesehatan, untuk itu, atas nama pemerintah saya mengharapkan dukungan semua pihak untuk menjaga komitmen bersama ini serta mensukseskan program strategis nasional secara khusus dibidang kesehatan sehingga memerlukan kerja keras perencanaan yang benar benar dimonitor dan dikawal secara baik,” kata Bupati Manokwari, Hermus Indou pada acara Forum komunikasi kemitraan dan forum pengawasan pemeriksaan kepatuhan BPJS kesehatan bersama Pemda Manokwari dan Kejaksaan Negeri Manokwari, Selasa (9/3/2021) di Inggandi Beach, Manokwari.
Memang disadari, masih banyak hal terkait yang harus diperbaiki seperti tempat pelayanan dan pengaturan persalinan, tentu untuk mewujudkannya membutuhkan kerja sama dan pemikiran matang dan semangat yang kokoh dari semua pihak. Tantangan dan persoalan kedepan yang membutuhkan solusi tentu semakin besar. “Untuk itu mari sempuranakan sistem kerja kita sehingga lebih baik melalui perbaikan proses dan budaya kerja yang berdampak positif langsung kepada masyarakat,”ajak Bupati.
Sejauh ini, Pemerintah bersama BPJS kesehatan terus melakukan inovasi dalam memperluas cakupan kepesertaan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat.
Menurut Bupati, ini tujuan mulia yang dapat memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat. Pemerintah dan masyarakat memberikan kepercayaan kepada BPJS kesehatan dalam menjalankan program jamkes agar akses financial atau pelayanan kesehatan sekaligu akses kualitas pelayanan  dapat tercapai sesuai harapan masyarakat. “Saya harap BPJS dapat terus bersinergi dengan Pemda Manokwari sehingga seluruh masyarakat dapat merasakan hidup sehat guna memberikan kontribusi dalam membangun daerah ini,”ujarnya
Sebab, jaminan sosial adalah hak konstitusional setiap warga negara yang merupakan wujud tanggung jawab negara terhadap masyarakat Indonesia secara khusus Manokwari, terkait nawacita nasional .
Dalam rangka mewujudkan universal Health Coverage  (UHC) Kabupaten Manokwari telah lebih awal melakukan komitmen UHC tersebut pada 1 Maret tahun 2018 lalu, dan sebagai bentuk apresiasi, presiden RI memberikan aword kepada Bupati Manokwari di istana negara saat itu.
Dengan dicanangkannya pelaksanaan jaminan kesehatan Nasional di kab Manokwari dengan predikat UHC,  Manokwari telah melakukan lompatan besar luar biasa dalam penyelenggara Jamkes bagi seluruh penduduk di daerah ini tetapi juga telah meratas jalan menuju cakupan sehat penduduk Manokwari. “Juga pencanangan ini sudah menumbuhkan kesadaran pentingnya gotong royong dalam memelihara kesehatan bersama. Karena Pemeliharaan kesehatan tidak lagi menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi menjadi tanggung jawab dan kebutuhan bersama,” tutup Bupati. (aa/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.