BPMP Papua Barat Gelar Festival Kurikulum Merdeka, Gaungkan Kualitas Belajar

0
Yohnly Edison Sulla, Kepala BPMP Papua Barat meninjau stand Festival Kurikulum Merdeka. (Foto: Elyas/klikpapua)

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com – Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Papua Barat menggelar festival kurikulum medeka guna mewujudkan proses pembelajaran berkualitas, Rabu (26/6/2024) disalah satu pusat perbelanjaan modern Manokwari.

Festival ini melibatkan sekolah sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka mulai dari jenjang Paud hingga SMA, setiap sekolah memamerkan esensi pelaksananan kurikulum merdeka belajar.

Nanang Basir Umkabu, PIC PDM02 IKM BPMP Papua Barat menjelaskan, pihaknya melibatkan enam sekolah diantaranya, Paud dan TK Cendrawasih, SD IT Insan Mulia, SMP Yapis, SMP Negeri 27 Manokwari dan SMA Yapis.

“ini adalah boot pameran, dengan harapan dapat mempublikasikan kurikulum merdeka belajar yang diusung oleh Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi,” terang dia.

Dijelaslan Nanang, BPMP Papua Barat merupakan unit pelaksana teknis Kemendikbud Ristek yang berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Papua Barat untuk mengawal program-program prioritas dari Kemendikbud salah satunya Merdeka Belajar.

“Festival ini untuk amplifikasi penguatan kepada publik tentang keberhasilan implementasi kurikulum merdeka,” ucap Nanang

Festival tersebut sudah berlangsung sejak Mei 2024 dengan melakukan talk show atau gelar wicara.

Festival yang digelar ini, menampilkan beberapa kegiatan antara lain potret cerita berupa foto dan video yang dikirim oleh sekolah sekolah, pameran, gelar wicara talk show tentang praktik baik pelaksanaan kurikulum merdeka.

“selain itu juga ada pemutaran film dokumenter pelaksanaan kurikulum merdeka di Papua Barat dan Papua Barat Daya selama 2 tahun terakhir,” terang Nanang.

Festival ini dilaksanakan secara nasional oleh setiap BPMP disetiap daerah, acara puncaknya nanti 5 Juli 2024.

Yohnly Edison Sulla, Kepala BPMP Papua Barat mengatakan, festival kurikulum merdeka ini merupakan agenda nasional yang dilaksanakan oleh BPMP disetiap daerah.

Yohnly meminta semua pihak untuk mendukung kurikulum merdeka, dengan membangun komunikasi, kolaborasi, tingkatkan kreativitas.

“Dengan adanya festival ini, kita gaungkan kurikulum merdeka. Sesuai arahan Menteri Pendidikan pada Hardiknas 2024 dengan moto bergerak bersama melanjutkan merdeka belajar,” tuturnya.

Dikatakan Yohnly, untuk mengimplementasi kurikulum merdeka membutuhkan keterlibatan, peran aktif semua pihak dalam melaksanakan tugas besar tersebut. (dra)





Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.