Bila HEBO Terpilih, Sengketa Lahan Pertanian di SP10 dan 11 Segera Diselesaikan

0
45
Paslon Bupati Manokwari, Hermus melakukan tatap muka bersama warga SP10 dan SP11. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com– Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Manokwari, Hermus Indou-Edi Budoyo menyambangi dataran Warpramasi, Rabu (14/10/2020). Paslon Bupati Hermus melakukan tatap muka bersama warga SP10 dan SP11, sedangkan Paslon Wakilnya melakukan tatap muka bersama warga SP 6.
Dalam pertemuan Hermus bersama warga trans, banyak keluhan yang disampaikan warga, terutama masalah lahan pertanian yang hingga saat ini masih menjadi persoalan warga trans.
Hermus menanggapi aspirasi warga dengan menyampaikan, jika nantinya terpilih, maka akan dibentuk tim percepatan penyelesaian sengketa pertanahan di wilayah dataran Warmpramasi, antara masyarakat lokal suku Arfak dengan warga trans.
Menurut Hermus, ini merupakan persoalan yang sangat serius dan harus cepat diselesaikan, sehingga tidak ada kesalapahaman atau perselisihan, konflik antar warga lokal dan trans.
Khusus dataran Warmpramasi karena potensi daerah pertaniannya tinggi akan dijadikan sebagai pusat produksi pertanian, agar kedepan dapat lebih meningkatkan hasil-hasil produksi pertanian, khususnya padi.
Untuk itu, beberapa kawasan di dataran ini harus dilindungi ekosistemnya, sehingga tidak ada konversi lahan. Dari sisi tata ruang juga akan tetap dipertahankan. “Sehingga  infrastruktur pertanian bisa terbangun dengan baik, seperti irigasi, dan akan diupayakan menyiapkan pupuk yang berkualitas, sehingga kualitas produksi kita juga baik. Kedepan produksi beras kita dalam jumlah yang besar.  Kita juga akan memperkuat Bumdes yang ada di wilayah Warpramasi,” ucapnya.
Hermus kembali mempertegas untuk  permasalahan lahan pertanian, pihaknya akan mencari solusi bersama masyarakat lokal pemilik tanah ulayat. Sehingga masyarakat trans juga dapat bekerja dengan nyaman dan aman, sehingga bisa hidup secara harmonis sesama satu dengan lainnya.      Lebih lanjut Hermus menyampaikan, selain perkembangan pertanian kedepan juga akan terus dilakukan pembangunan dibidang keagamaan, baik pembangunan masjid,gereja dan rumah ibadah umat lainnya yang ada di Kabupaten Manokwari. “Semua itu akan menjadi prioritas, termasuk intensif bagi para imam, dan juga hamba Tuhan,” ungkap Hermus.
Ditambahkan Hermus, untuk permasalahan ekonomi usaha kecil menengah, di masa kepemimpinan pasangan HEBO nanti  pemerintah akan menyiapkan modal usaha bagi warga yang mau terus berusaha.(aa)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.