BI Terus Mendorong Pengembangan UMKM Melalui GBBI

0
134
Showcase offline produk UMKM Papua Barat di Manokwari City Mall Ground Floor, Kamis (24/2/2022). (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com— Bank Indonesia (BI) terus mendorong pengembangan UMKM melalui pelaksanaan kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) yang sejalan dengan Presidensi G-20 Indonesia dengan tema “Recover Together Recover Stronger”. GBBI diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo sejak 14 Mei 2020.
Penyelenggaraanya di-lead oleh Movement Manager dimana pada Februari ini adalah Bank Indonesia, sementara pada Januari 2022 yang lalu, Kementerian Perhubungan RI yg menjadi Movement Manager dan kegiatan dipusatkan di Provinsi Jambi.
Hal ini disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat Rut W. Eka Trisilowati di Manokwari City Mall Ground Floor, Kamis (24/2/2022).
Menurutnya Gernas Februari ini, KPw BI Sulawesi Selatan di Makassar ditunjuk menjadi host dengan tema PINISI UMKM dan KPw BI Papua Barat dalam Gernas ini menjadi co-host dengan mengambil tagline “KAKI SERIBU EXPO” yang berlangsung 24 hingga 26 Februari 2022 di Manokwari.
Rangkaian kegiatan “KAKI SERIBU EXPO” merangkum: Showcase offline produk UMKM Papua Barat dengan tema yang selaras dengan presidensi G20 Indonesia; Sosialisasi online tentang transaksi digital untuk mendorong akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan yang inklusif serta efisien melalui peningkatan pengguna QRIS sebagai salah satu metode pembayaran;  Kurasi produk UMKM Papua Barat dalam rangka memperluas akses pemasaran.
“Serta pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Provinsi Papua Barat; dan Penyerahan secara simbolis bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) “Dedikasi untuk Negeri” berupa modifikasi kapal ambulance laut kepada Pangkalan Utama TNI AL XIV Fasharkan Manokwari yang sekaligus meresmikan secara offline penggunaan kapal ambulance; Di sisi indikator makro Papua Barat menunjukkan arah perbaikan walau dibayangi oleh tingginya laju inflasi,” ungkapnya.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat, Rut W. Eka Trisilowati  menyampaikan bahwa sepanjang tahun 2022, KPw BI Papua Barat akan menyelenggarakan flagship events yang sejalan dengan event nasional seperti West Papua E-Festival pada Juni 2022 dalam rangkaian pekan nasional FEKDI; Karya Kreatif Indonesia (KKI) pada 26 s.d. 29 Mei 2022; Festival Ekonomi Syariah (FeSyar) pada Juli 2022; Ecotourism Seminar di September 2022 dan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) pada 5 hingga 9 Oktober 2022.
“Melaui kegiatan ini, diharapkan rangkaian kegiatan GBBI mampu memberikan nilai tambah bagi UMKM dan kesehatan masyarakat Papua Barat dalam rangka mempercepat herd immunity dikarenakan ke depan varian Covid-19 akan terus berkembang,” pungkasnya.(aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.