BI Papua Barat Gelar Sosialisasi dan Penukaran Kartu GPN

0
201
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat S. Donny H. Heatubun secara simbolik meresmikan beasiswa Bank Indonesia senilai enam ratus juta rupiah di aula Universitas Papua. (Foto: BI Papua Barat)

MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM–Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat (BI Papua Barat) menggelar sosialisasi dan penukaran kartu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), Kamis (10/10/2019) di Manokwari.

Selain itu, dilakukan kuliah umum terkait pasar valas di Indonesia yang dipaparkan oleh R. Eki Rahman, S.E., M.E. dealer senior bank Indonesia yang telah banyak mempublikaskan artikel di bidang finance/ekonomi. Ia baru saja menyelesaikan buku “Pasar Valuta Asing: Teori dan Praktik” yang dipublikasikan oleh Rajawali Pers.

Dalam kesempatan ini, S. Donny H. Heatubun, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat, menyampaikan bahwa kegiatan Sosialisasi dan Penukaran Kartu GPN ini bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai manfaat, penggunaan, hingga tujuan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan masyarakat, khususnya mahasiswa di Kabupaten Manokwari dapat memahami peran penting pasar valas dalam pelaksanaan tugas Bank Indonesia dan perekonomian suatu negara.

Di samping itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat secara simbolik meresmikan beasiswa Bank Indonesia senilai enam ratus juta rupiah di aula Universitas Papua, yang  disaksikan perwakilan rektorat kampus.

Donny melanjutkan, pemberian beasiswa bertujuan memacu semangat mahasiswa untuk berprestasi di kampus, melalui nilai akademis dan keaktifan di organisasi dengan tujuan memperoleh beasiswa.

Pemberian beasiswa ini sendiri menurutnya, merupakan salah satu bentuk nyata dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) dalam meningkatkan kualitas mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa, yang dibimbing untuk berbagi energi untuk negeri melalui berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat umum secara langsung.

Para penerima beasiswa yang dikenal dengan sebutan GenBI diharapkan bersedia aktif mengembangkan GenBI, berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, dan peduli terhadap kondisi masyarakat.

Kegiatan yang terselenggara atas kerja sama BI Papua Barat dengan Universitas Papua dan perbankan Kabupaten Manokwari tersebut mendatangkan mahasiswa dan dosen dari dua kampus di Manokwari yaitu Universitas Papua dan STIE Mah Eisa serta pemerintah daerah, perbankan, dan insan media.(rls/bm)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.