Abdul Muin Salewe Resmi Menjabat Anggota KPU Papua Barat

0
Abdul Muin Salewe dilantik sebagai anggota KPU Papua Barat, Jumat (23/9/2022). (Foto: Ist)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com— Abdul Muin Salewe resmi menjabat sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat. Pelantikan Abdul Muin Salewe sebagai anggota KPU Papua Barat diadakan, Jumat (23/9/2022).
Abdul Muin Salewe merupakan Pergantian Antar Waktu (PAW) periode 2020-2025 yang menggantikan (alm) Onesimus Kambu.
Ketua KPU Papua Barat, Paskalis Semunya saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya mengatakan peserta seleksi KPU tahun 2020 (alm) Onesimus Kambu berada pada posisi nomor urut 6 dan Abdul Muin Salewe pada posisi nomor 7.
“Namun semua itu setelah dilakukan  klarifikasi pemberkasan dan uji kompetensi, sehingga KPU RI menilai Abdul Muin layak menjadi anggota KPU Papua Barat pergantian antar waktu, maka di SK-kan dan dilantik tadi oleh Ketua KPU RI,” ungkapnya.
KPU Papua Barat  terdiri dari ketua dan anggota, dan anggota terbagi pada bidang-bidang. “Almarhum sendiri di bidang devisi data dan perencanaan, tanggungjawab yang  mengkoodinir  pemutahiran data pemilih dan perencanaan penyusunan anggaran  program kerja – kerja kelembagaan. Kekosongan jabatan inilah yang diisi sementara oleh anggota KPU Fatmawati, sehingga dengan dilantiknya Abdul Muin, malam ini akan dilakukan pleno untuk pengaturan devisi. Karena 4 anggota KPU hanya membidangi satu-satu bagian, semua itu diatur dalam peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2019 tentang Tata Kerja,” tuturnya.
Ditambah Paskalis, dimana untuk tugas anggota KPU PAW akan didiskusikan bersama, semua tergantung hasil rapat pleno yang akan dilaksanakan hari ini juga. “Karena bidang ini bisa kita rotasi juga seluruhnya  atau kita tetap lihat berkembang di pleno tersebut. Yang paling penting komposisi ini harus lengkap, karena tanggungjawab provinsi ini cukup berat dimana KPU Papua Barat mengurus 13 kabupaten/kota dengan tahapan pemilu yang sudah jalan,” ucapnya.(aa)

SPACE
SPACE
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.