6 Anggota MRPB Dilantik, Gubernur Dominggus Ingatkan Perlindungan Hak OAP

0
398
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan melantik 6 anggota MRPB sisa masa jabatan tahun 2017-2022 di kantor Gubernur. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM– Pengambilan sumpah janji/jabatan dan pelantikan  anggota Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) sisa masa jabatan tahun 2017-2022 dilakukan di kantor gubernur, lantai 3.
Dari pantauan klikpapua.com pelantikan tersebut dilakukan secara terbatas  dengan memperhatikan protokol kesehatan dalam penanggulangan Covid-19, mulai dari tempat duduk, penggunaan masker dan tidak bersalaman.
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan  mengatakan pelantikan enam anggota MRPB ini sebenarnya harus dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, namun karena adanya penetapan bencana Non Alam Penyebaran Covid-19 sebagai bencana Nasional melalui Keputusan Presiden, maka pelantikan atau pengucapan sumpah janji dan sambutan di delegasikan kepada Gubernur Papua Barat.
“Untuk 6 anggota yang baru dilantik kalian adalah kepercayaan dari masyarakat,  karena MRP merupakan lembaga representasi cultur Orang Asli Papua yang memiliki wewenang tertentu dalam rangka perlindungan hak-hak Orang Asli Papua, berlandaskan pada penghormatan kepada adat dan budaya,  pemberdayaan perempuan dan pemantapan kerukunan hidup beragaman, “ ungkap Dominggus, Rabu (20/5/2020).
Menurut Gubernur, pelantikan hari ini merupakan awal dalam melaksanakan tugas sebagai anggota MRPB. Lebih lanjut Gubernur berharap dapat bekerjasama dengan ketua dan seluruh anggota MRPB  untuk dapat menjaga dan memperjuangkan hak-hak adat, agama, perempuan bagi Orang Asli Papua. “Dan mulai saat ini saudara-saudara adalah milik seluruh lapisan masyarakat di Provinsi Papua Barat,” tegasnya.
Ditambahkan Gubernur, MRPB sebagai lembaga representasi masyarakat cultur, masyarakat adat, bergandeng tangan bersama Pemerintah Provinsi Papua Barat untuk membangun masyarakat yang ada di daerah-daerah terpencil, daerah yang terisolasi, daerah pinggiran untuk bisa maju dalam pembangunan yang merata.
“Selamat menjalankan amanah dan kepercayaan yang diberikan masyarakat kepada saudara-saudara sekalian, dan juga saya atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih kepada 6 anggota yang sudah mengabdi dan kepada mereka akan diberikan penghargaan sesuai perundang-undangan,” tuntas Gubernur. (aa/bm)
Editor: BUSTAM
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.