436.243 Pemilih, Total DPT 9 Kabupaten /Kota di Papua Barat yang Gelar Pemilu

0
114
Komisioner Bawaslu Papua Barat Devisi Hukum Data dan Informasi, Muhammad Nazil Hilmie. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKAPAPU.com– Komisioner Bawaslu  Devisi Hukum Data dan Informasi Bawaslu Papua Barat Muhammad Nazil Hilmie  menyampaikan, untuk Data Pemilih Tetap (DPT) sudah diumumkan di masing-masing TPS yang berada di sembilan kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada serentak.
Ada 125 kecamatan (distrik) yang terdiri di 9 kabupaten/kota yang terdiri dari 1.068 kampung, dan juga Panwascab yang sudah terbentuk kurang lebih sekitar 8 ribuan. Sedangkan TPS yang sudah dilaporkan siap bedasarkan DPT yang telah ditetapkan oleh masing-masing KPU di kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada berjumlah  1.879 TPS. Hal ini disampaikan Muhammad Nazil Himie saat ditemui di kantor Bawaslu Provinsi, Senin (23/11/2020).
Menurutnya, dari 1.879 TPS lagi dibentuk pengawas TPS untuk aktif satu bulan sebelum hari pemungutan suara, dan Panwascab telah membuka lowongan untuk merekrut 1.879 PTPS.
Lebih lanjut diungkap, untuk DPT yang telah ditetapkan di wilayah Papua Barat ada 436.243 pemilih yang terbagi atas laki-laki 224.472, perempuan 211.771 suara, dari rasio penduduk 715.724 jiwa. Ini dihitung berdasarkan data statistik bahwa pemilih DPT dibandingkan jumlah penduduk, maka ada 60 persen dari total jumlah penduduk di 9 wilayah yang melaksanakan pilkada.
“Saat ini dari jumlah DPT wilayah Papua Barat maka KPU telah selesai mencetak kurang lebih jumlah surat suara, yang terinci dari jumlah DPT ditambah dua setengah persen dari jumlah suara dan laporan dari semuanya distribusi logistik, sementara di kawal dan sudah masuk wilayah sortir dan melipat,” ungkapnya.
Ditambahkan Nazil, untuk warga masyarakat yang belum terdaftar di dalam DPT masih bisa menyalurkan aspirasi hak pilihnya pada 9 Desember mendatang. Yang menjadi pertanyaan ketika mereka tidak terdaftar di DPT, karena mungkin saja terdaftar di daerah atau TPS sebelumnya.
“Koordinasi telah kami lakukan kepada kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada dan mereka menyampaikan bahwa hari ini mereka sedang fokus pengawasan pencetakan  mendistribusian logistik pemilu, yang dalam aturannya pendistribusian logistik pemilu pada tanggal 5 Desember sudah harus tiba di 1.879 TPS di masing-masing kabupaten/kota,” pungkasnya.(aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.