330 Jamaah Haji Papua Barat Berangkat 1 Juli Melalui Embarkasi Makassar

0
56
Jamaah Haji Papua Barat
Kabid Haji dan Bimas Islam Kanwil Kemenag Papua Barat, H. Aziz Hegemur. (Foto: Elyas/Klikpapua)

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com— Sebanyak 330 calon jamaah haji asal Papua Barat dijadwalkan berangkat ke Jeddah, Arab Saudi pada 1 Juli mendatang. Calon jamaah haji Papua Barat tergabung kloter (kelompok terbang) 17 melalui embarkasi Makassar.

Kabid Haji dan Bimas Islam Kanwil Kemenag Papua Barat, H. Aziz Hegemur, S.Ag, MM mengatakan kuota calon jemaah haji Papua Barat tahun ini sebanyak 330 jemaah yang terbagi 13 kabupaten/kota.

“Terkait kuota haji Papua Barat tahun 2022 Masehi/1443 hijriah secara nasional pemerintah Arab Saudi memberikan kuota ke pemerintah Indonesia sebesar 45 persen, dan dibagi ke seluruh provinsi. kuota haji Papua Barat sebanyak 330 jemaah,” sebutnya saat ditemui Senin (20/6/2022)

Hegemur menjelaskan, kebijakan pembatasan kuota jamaah haji itu diberlakukan oleh pemerintah Arab Saudi dikarenakan masih dalam masa pandemi covid-1. Tak hanya kuota, pemerintah Arab Saudi juga membatasi usia jemaah.

“Karena masih pandemi covid-19, pemerintah Arab Saudi juga memberikan batasan usia jemaah yaitu usia 65 tahun ke bawan. Diataa usia 65 tahun tidak diberangkatkan,” terangnya.

Hegemur merinci, dari total 330 jemaah haji Papua Barat itu, terbagi Manokwari 81 jemaah, kota Sorong 108, Fakfak 36, Raja Ampat 9, kabupaten Sorong 33, Womdama 8, Tambrauw 2, Maybrat 1, Kaimana 16, Sorsel 9, dan Bintuni 19 jemaah.

“ini sudah termasuk 8 orang yang mutasi kedaerah lain, tadinya jamaah Papua Barat karena pindah tugas ke daerah lain, sehingga masih masuk Papua Barat. Untuk persiapan sudah fix semua, mulai dari paspor, Manives, dan tinggal tunggu visa saja masih dalam proses,” bebernya.

Hegemur mengklaim, semua jamaah sudah divaksin hingga vaksin ketiga. Sementara PCR untuk kedua daerah yakni Kaimana dan Fakfak akan di lakukan di Makassar, hal tersebut karena terkendala alat.

Disebutkan juta, Jemaah asal Fakfak akan diberangkatkan pada tanggal 25 Juni, Kaimana tanggal 27 Juni, sementara kabupaten lainnya akan diberangkatkan pada tanggal 28 Juni.

“Tanggal 29 Juni malam pelepasan oleh Gubernur Papua Barat pada tanggal 30 Juni peserta jamaah haji Papua Barat masuk Embarkasi Makassar. Kemudiam, pada tanggal 1 Juli jamaah haji Papua Barat bertolak ke Jeddah. Papua Barat masuk kloter 17, gelombang kedua, ada 19 kloter,” Sebutnya

Dikatakan, keberangkatan para jamaah dari emberkasi Makassar ke Jeddah sudah menggunakan pakaian Ihram, karena waktu sudah mepet.(dra)

SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.