17 April, Timsel Buka Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Papua Barat

0
Ketua Tim Seleksi Bawaslu Papua Barat, Mervin Arison Asmuruf, S.Hut., M.Sc
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com– Tim seleksi Anggota Bawaslu Papua Barat periode 2023-2028, segera menerima pendaftaran dalam waktu dekat ini. Sebab pedoman pelaksanaan rekrutmen terkait rekrutmen sudah diterima tim seleksi dari Bawaslu RI.
Ketua Tim Seleksi Bawaslu Papua Barat, Mervin Arison Asmuruf, S.Hut., M.Sc mengatakan sesuai dengan pendoman dari Bawaslu RI, maka tahapan pendaftaran calon akan dimulai pada 17 April hingga 3 Mei 2023. Proses pendaftaran, menurut Mervin, bisa dilakukan dengan cara mengantar berkas pendaftaran ke Sekretariat Timsel di Perum Bumi Marina, Blok F.20, Jl. Ki Hajar Dewantara, Kel. Amban atau mengirimkannya melalui pos kilat atau lewat e-mail.
“Kita membuka peluang sebesar-besarnya kepada masyarakat di seluruh Papua Barat untuk mendaftar. Yang di luar Manokwari, silahkan mendaftar dengan mengirimkan berkas melalui pos kilat atau dengan email namun berkas fisik harus tetap disampaikan kepada Tim Seleksi . Untuk syarat-syarat pendaftaran ataupun pertanyaan lebih lanjut, silahkan menghubungi timsel di nomor 082397161549. Semua berkas pendafataran, silahkan diakses dan diunduh di website Bawaslu Papua Barat, bawaslupabar.go.id,” terang Mervin.
Dalam proses rekrutmen ini, Mervin menegaskan jika timsel tetap memegang prinsip mandiri, jujur, adil, proporsional dan profesional serta prinsip afirmasi. Tidak hanya itu, keterwakilan 30 persen perempuan menjadi salah prinsip yang ditekankan dalam proses penerimaan pendafataran.  “Pedoman yang disampaikan kepada timsel sangat jelas. Kita sangat berharap adanya partisipasi perempuan dalam proses rekrutmen ini,” tambah dia.
Selain proses pendaftaran yang akan segera dimulai, Mervin juga mengungkapkan adanya perubahan komposisi di tim seleksi. Perubahan ini terjadi setelah Sekretaris Tim Seleksi, Sidarman menyatakan mengundurkan diri dari tim seleksi. Adapun alasan pengunduran diri karena sesuai pedoman dan aturan di tim seleksi, menyebutkan bahwa anggota tim seleksi dilarang untuk mendaftar sebagai calon anggota bawaslu maupun KPU di semua tingkatan. “Jadi itu yang menjadi dasar mengapa salah satu anggota tim atas nama Saudara Sidarman menyatakan mundur. Surat pengunduran diri juga sudah kami terima dan telah dikirimkan ke Bawaslu RI. Kami juga tidak bisa menghalangi hak dari Saudara Sidarman untuk ikut dalam proses seleksi di KPU Manokwari,” tandas Mervin.
Meski ada perubahan komposisi, namun Mervin menjamin kerja tim tidak akan terganggu. Sebab dalam rapat timsel, telah diputuskan untuk menunjuk Dr. Muhammad Ridha Suaib sebagai sekretaris timsel. “Segala persiapan dan proses tahapan tetap berjalan,” tutup Mervin sembari tetap mengingatkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses rekrutmen Anggota Bawaslu Papua Barat ini. (red)




Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.