Tinjau Lokasi, Bupati Thie Sebut Ibukota Distrik Tugarni di Kensi Strategis

0
66
KAIMANA,KLIKPAPUA.com—Dalam rangka memperpendek rentang kendali layanan pemerintahan, Pemerintah Kabupaten Kaimana saat ini telah mengusulkan pembentukan distrik baru yang merupakan pemekaran dari Distrik Teluk Arguni.
Distrik baru yang diusulkan dimaksud adalah Distrik Tugarni, yang saat ini, proses pengusulan pembentukannya, tinggal menunggu persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri.
Mendukung kehadirannya, Bupati Kaimana Freddy Thie didampingi Kapolres Kaimana AKBP I Ketut Widiarta dan Dandim 1804 Kaimana Letkol Inf. Chairi Suhanda melakukan peninjauan lokasi ibukota distrik yang terletak di Kampung Kensi, Distrik Teluk Arguni.
Kunjungan Bupati Kaimana ini, erat kaitannya dengan masih adanya pro kontra terkait letak lokasi. Bupati ingin agar lokasi yang ditetapkan sudah disetujui dan disepakati bersama oleh masyarakat setempat sebelum diresmikan keberadaannya sebagai ibukota distrik.
Bupati akui, lokasi ibukota Distrik Tugarni di Kensi ini, sesungguhnya sudah sangat strategis, baik dari sisi letak geografisnya yang berada diantara 10 kampung yang menjadi bagian dari wilayah distrik ini, juga dari sisi konektivitas antar kampung maupun dengan kabupaten tetangga.
Namun meski demikian, keberadaannya harus tetap merupakan hasil kesepakatan bersama masyarakat yang setempat. Untuk itu ketika berada di lokasi, Bupati meminta masyarakat dan pemilik ulayat untuk bermusyawarah apabila masih ada persoalan terkait lokasi ibukota distrik dimaksud.
Terpantau, lokasi bakal ibukota Distrik Tugarni ini memang cukup strategis. Selain konstruksi tanahnya yang rata, lokasi yang disiapkan juga cukup luas untuk mendukung pembangunan infrastruktur sekaligus persiapan pengembangan ibukota distrik kedepan. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.