SMKN2 Kaimana Gunakan Absensi Elektrik Barcode

0
768
Ilustrasi absensi elektronik barcode.

KLIKPAPUA.COM, KAIMANA- Memudahkan pengontrolan terhadap kehadiran siswa di sekolah, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 (SMKN2) Kaimana kini tidak lagi menggunakan daftar hadir manual tertulis. Sekolah yang dipimpin Germanto, S.Pd ini mulai tahun pelajaran 2019/2020 ini, resmi menggunakan absensi elektronik barcode.

Mesin absensi elektrik siswa dan guru yang dirancang sendiri oleh pihak SMKN 2 ini menggunakan alat penghitung harga yakni barcode untuk memudahkan pihak sekolah melakukan identifikasi terkait kehadiran siswa-siswi di sekolah.

Ahmad Syarif Abdullah, S.Pd, guru perancang absensi elektrik barcode SMKN 2 mengatakan, absensi elektrik tersebut mempunyai beberapa kelebihan yakni untuk mempermudah guru dalam mengontrol siswa yang hadir. Mesin absensi ini tersambung dengan aplikasi khusus yang memudahkan guru melakukan kontrol.

“Kami telah menyambungkan beberapa perangkat dari absensi elektrik barcode ini dengan aplikasi khusus sehingga mempermudah para guru melakukan pengontrolan terhadap siswa. Dengan absensi elektrik ini, siswa akan sulit memanipulasi data kehadirannya di sekolah,” terang Ahmad, akhir pekan lalu.

Dijelaskan, Absensi Elektrik Barcode (AEB) ini, menyerupai absensi sidik jari. Namun untuk absensi sidik jari, kelemahannya dapat dimanipusali dengan menggunakan sidik jadi orang. Sementara absensi elektrik barcode ini menggunakan kartu pengenal siswa-siswi dan NIK. “Itu artinya hanya mereka yang memiliki kartu saja yang dapat mengakses alat ini,” ungkap Ahmad.

Kelebihan lain dari absensi elektronik barcode tambah Ahmad adalah, jika karti digesek akan keluar  identitas siswa yang  bersangkutan dilengkapi foto siswa sehingga memudahkan guru untuk mengenali siswa yang bersangkutan. Menurut Ahmad, absensi elektrik barcode ini telah dipakai oleh Kodim 1804 Kaimana untuk menertibkan anggotanya.

“Alat tersebut kami pasang perdana di Kodim 1804/Kaimana, sekalian mempromosikan hasil karya dari SMKN2. Sekarang Kodim 1804 Kaimana sedang menggunakan alat ini untuk mengontrol kehadiran anggota,” terangnya.(iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.