Seleksi Mahasiswa, IPB Apresiasi Terobosan Pemda Kaimana 

0
17
KAIMANA,KLIKAPUA.com— Tim dari Institut Pertanian Bogor (IPB) baru-baru ini melakukan seleksi calon mahasiswa baru menindaklanjuti perjanjian kerjasama beasiswa bidang pertanian dan perikanan dengan Pemerintah Kabupaten Kaimana pada 18 Januari 2022.
Sebelum tahapan seleksi dilakukan, tim IPB yang dipimpin langsung Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Prof. Dr. Fredinan Yulianda ini, berkesempatan melakukan sosialisasi terkait keberadaan IPB kepada ratusan calon mahasiswa dan guru di Gedung Pertemuan Krooy.
Dalam kegiatan yang dibuka Sekda Drs. Donald R. Wakum dimaksud, Dekan FPIK Fredinan Yulianda menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Kaimana yang memiliki komitmen mengembangkan sektor pertanian melalui penyiapan SDM melalui kerjasama dengan IPB.
Dikatakan, langkah yang ditempuh Pemerintah Kabupaten Kaimana merupakan sebuah terobosan yang luar biasa dalam rangka menyiapkan sumber daya bidang pertanian, yang kedepan diharapkan bisa mengelola potensi pertanian yang tersedia bagi kemajuan pembangunan daerah.
“Kami siap membantu dalam menyiapkan SDM yang dibutuhkan agar Kaimana kedepan menjadi salah satu kabupaten yang terdepan di sektor pertanian dalam arti luas, baik itu sektor pertanian sendiri, kehutanan, perikanan, kelautan maupun pariwisata yang sangat menjanjikan bagi kemajuan daerah Kaimana,” ujar Fredinan, baru-baru ini.
Dijelaskan, belajar di IPB tidak hanya berkaitan dengan memacul, menebang atau menanam pohon, mengurus kehutanan, mengurus perikanan dan kelautan, tetapi semua aspek yang merupakan satu kesatuan dari siklus pembangunan nasional bidang pertanian, mulai dari sumber daya, sosial, ekonomi, kelembagaan bahkan kebijakan dalam pembangunan nasional bidang pertanian dapat dipelajari di IPB.
“Ini yang banyak lulusan SMA tidak memahami sehingga ketika memilih program studi, mereka lebih tertarik pada jurusan ekonomi atau lainnya. Padahal sektor pertanian merupakan sektor terbesar di Indonesia bahkan dunia dalam arti luas. Pertanian merupakan salah satu modal dasar penggerak pembangunan nasional, dimana 80% aspek bisnis ekonomi menggunakan sumber daya pertanian. Sehingga posisi IPB menjadi sangat penting dalam sektor pembangunan kita, termasuk di Kabupaten Kaimana,” terang dia.
Sementara itu, Sekretaris Daerah, Donald Wakum pada kesempatan yang sama juga mengatakan, kerjasama dengan IPB harus dipandang sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Kaimana berinvestasi di bidang pendidikan, yang mana outcome dari kegiatan ini adalah tersedianya sumberdaya manusia yang mumpuni pada sektor pertanian dan perikanan.
“Peningkatan kualitas SDM yang mumpuni dan handal pada bidang pertanian  lanjut Wakum, tentunya akan berdampak linear terhadap penggunaan teknologi pertanian sebagaimana termuat dalam tujuan dan sasaran misi ke-3 Kabupaten Kaimana,” ungkapnya. (iw)
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.