Purna Tugas, Furima Terima SK dan Cincin Kenangan dari Bupati Kaimana

0
154

KLIKPAPUA, KAIMANA- Memasuki masa purna tugas setelah lebih dari 35 tahun mengabdi di lingkungan pemerintahan, Martinus Furima, SE dengan jabatan terakhir Kepala Dinas Perindustrrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten kaimana, menggelar ramah tamah sekaligus acara perpisahan dengan jajaran Pemkab Kaimana bertempat di Halaman Dinas Perindagkop UKM, Senin (1/4/2019).

Dalam kegiatan ini, Martinus Furima langsung menerima SK sekaligus hadiah cincin emas kenangan dari Bupati Kaimana Matias Mairuma yang langsung disematkan dijari manisnya. Cincin ini merupakan cinderamata tanda terima kasih dari Pemerintah Kabupaten Kaimana atas jasa dan pengabdian yang ditunjukkan Martinus Furima selama ini.

Selain cincin emas, sosok humoris yang suka menghibur orang dengan mop-mop atau cerita lucu khas Papua ini juga, mendapatkan kado dari rekan kerja di Dinas Perindagkop, berupa sepeda motor yang diserahkan secara simbolis dalam bentuk kunci, serta karikatur kebersamaannya dengan para staf yang maisng-masing diserahkan Sekretaris Dinas dan Kepala Dinas Perindagkop yang baru, Anita Baefar.

Bupati Matias Mairuma dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada eks Kadis Perindagkop ini yang sudah menunjukkan loyalitas, kesetiaan, kejujuran dan tanggungjawabnya dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat di lingkup Pemerintahan Kabupaten Kaimana. Bupati mengajak jajarannya yang masih aktif, untuk mencontohi sikap dan komitmen Furima yang setia dalam tugas dan tidak berorientasi uang.

“Kemarin waktu pelantikan pejabat, saya perhatikan beliau ini akan ambil keputusan apa setelah tidak lagi menjabat. Kalau dia berorientasi uang, maka pasti kemarin ketika ada partai politik yang mengajak bergabung, dia sudah belok kesana karena satu bulan lagi pensiun. Tetapi ternyata Pak Furima ini orang hebat, orang Kaimana yang setia dalam pekerjaan dan profesinya di pemerintahan,” ungkap Bupati dihadapan ratusan pejabat dan staf yang hadir.

Lebih lanjut Bupati berharap agar proses pensiunan pejabat kedepannya mengikuti tradisi yang dilakukan purnakarya Martinus Furima. Pada saat seorang pejabat atau ASN memasuki masa pensiun lanjut Bupati, perlu ada acara yang bertujuan untuk melepas senior secara terhormat, tidak pergi begitu saja atau menghilang secara diam-diam seperti yang terjadi selama ini.

“Kita bersyukur hari ini menyaksikan peristiwa yang selama ini saya minta ke Ibu Sekda agar dalam Korps ASN bisa melaksanakan hal seperti ini. Agar yang pensiun tidak menghilang begitu saja. Perlu duduk dan makan bersama, untuk memberikan penghormatan sekaligus melepas senior kita dengan cara yang benar. Hari ini Pak Furima didukung staf bisa melakukan ini. Itu artinya Pak Furima berhasil memanag orang-orangnya dan tidak semua pimpinan bisa melakukan ini. Ini harus dicatat baik,” ujar Bupati.

Di tempat yang sama, Martinus Furima juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan jajarannya atas dukungannya dalam mengemban tugas selama ini. Ia juga menyampaikan permohonan maaf apabila dalam melaksanakan tugas banyak kesalahan yang dilakukan. Menutup sambutannya, ia juga berpesan kepada seluruh ASN Kaimana agar dalam melaksakan tugas dan pekerjaan tetap mengedepankan sikap disiplin, jujur, setia dan konsisten, sehingga hasil kerja bermanfaat bagi banyak orang. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.