Perwakilan Aparat Kampung se-Kaimana Ikut Pelatihan SAIK Plus

0
42
KAIMANA,KLIKPAPUA.com- Perwakilan aparat kampung dari 84 kampung se-Kabupaten Kaimana mengikuti pelatihan SAIK+ (Sistim Administrasi dan Informasi Kampung Plus) yang diselenggarakan KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan dan BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) Provinsi Papua Barat.
Pelatihan selama lima hari, 22-26 Maret 2021 yang dipusatkan di Kaimana Beach Hotel ini, dibuka Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Kampung Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kaimana, Philipus Warwey.
Turut hadir dalam pelatihan yang melibatkan masing-masing 2 peserta dari setiap kampung ini, perwakilan Bappeda Provinsi Papua Barat dan Bappeda Kaimana, sejumlah kepala distrik dan perwakilan BPS Kaimana.
Ketua Kompak Provinsi Papua Bara, Oto Gesler Sineri mengatakan, pelatihan ini bertujuan membantu Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam meningkatkan kualitas pengelolaan data informasi dasar kampung dan distrik untuk mendukung administrasi pemerintahan, perencanaan pembangunan dan peningkatan layanan dasar dan kegiatan ekonomi.
SAIK Plus kata dia, merupakan tindak lanjut dari program strategi peningkatan kampung (Prosppek) Otsus yang mana tugasnya adalah menginput data tingkat individu, rumah tangga dan kampung sebagai fitur data dan memilah Orang Asli Papua dan non-Papua.
Sementara Kabid PMK Philipus Warwey dalam sambutannya berharap agar melalui pelatihan ini para kader SAIK dapat menyiapkan data yang valid untuk kepentingan pembangunan. “Minimal dapat mengoperasikan komputer karena data yang diinput ini menggunakan jaringan komputer. Kami sangat berterima kasih kepada pihak Kompak dan Bakti yang telah memfasilitasi pelatihan ini,” ucapnya. (iw)
         

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.