KLIKPAPUA.COM,KAIMANA- Jajaran Polres dan Polsek Kaimana, Minggu (30/6/2019) berhasil menggagalkan penyelundupan 12 buah mortir aktif yang diduga milik penumpang dari atas kapal feri KM Erana. Saat diamankan, mortir aktif dimaksud, dikemas rapi dalam sebuah box dan akan dibawa menuju Pelabuhan Tual.

Informasi yang dihimpun di Pelabuhan Kaimana menyebutkan, penggagalan penyelundupan mortir aktif dimaksud dilakukan setelah aparat KPPP Laut Polres Kaimana menerima laporan dari pejabat Kasdim 1804/Kaimana terkait adanya 12 buah bom atau mortir yang sudah dikemas rapi dan telah dinaikkan keatas kapal.

Berdasarkan pantauan, setelah mendapat informasi dari KPPP Laut, sekitar pukul 11.05 WIT, Kapolsek Kota Iptu Munawar bersama anggota tiba TKP di Pelabuhan Laut Kaimana dan langsung menurunkan bahan peledak dari kapal menuju dermaga.

Box yang dibungkus karung tersebut, diketahui berisi mortir setelah Kasdim menaruh curiga saat melihat buruh bagasi memikul barang tersebut dari mobil pickup menuju kapal. Kasdim sendiri sempat menanyakan kepada buruh terkait isi box, yang dijawabnya merupakan ikan. Namun akibat curiga, Kasdim memaksa membuka isi box yang dibungkus karung tersebut dan diketahui merupakan mortir aktif.

Selanjutnya, pada pukul 11.30 WIT, anggota Reskrim dan Intelkam Polres Kaimana mendatangi TKP dan langsung mengamankan sopir pick up pembawa mortir serta  4 orang buru bagasi yang memikul bahan peledak tersebut, untuk di mintai keterangan.

Sementara barang bukti 12 buah mortir, langsung dimuat dan diamankan di Aula Polsek Kaimana sesuai perintah Kapolres yang tiba di TKP pada Pukul 12.00 WIT. Pengangkutan barang bukti dari pelabuhan menuju Aula Mapolsek Kota turut dibantu anggota Kodim 1804 Kaimana.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui siapa pemilik barang dimaksud. Sementara sopir pick up dan sejumlah buruh sedang dimintai keterangan. Bahan peledak tersebut juga hingga kini belum diketahui akan digunakan untuk apa. (iw)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.