Pemkab Kaimana Salurkan 200 Ton Lebih Bantuan Beras CPP untuk 6.685 KPM

0
Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial, Muhammad Karit. (Foto: Laurens/klikpapua)

KAIMANA,KLIKPAPUA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaimana melalui Dinas Sosial (Dinsos) kembali menyalurkan bantuan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) kepada 6.685 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayahnya.

Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial, Muhammad Karit mengatakan, penyaluran beras 10 kilogram kepada KPM itu mengacu surat nomor R-0136/Seskab/DKK/11/2023 tentang perpanjangan penyaluran bantuan pangan tertanggal 10 November 2023, yang ditujukan kepada Gubernur, Bupati, dan Walikota.

Pemerintah Indonesia saat ini telah melewati dua bencana besar yakni, Covid-19 dan Badai El Nino atau panas yang berkepanjangan, akan berdampak buruk terhadap turunnya produksi pertanian termasuk tanaman pangan seperti padi.

Dikatakan, untuk menekan kemiskinan ekstrem di Indonesia, pada tahun 2024 ini, Badan Pangan Nasional melalui perum Bulog telah menyalurkan CPP komoditas beras sebanyak 10 kilo kepada Kabupaten Kaimana.

“Jumlah beras untuk Kabupaten Kaimana sebanyak 200.550 ton dengan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 6.685 selama 6 bulan yakni Januari-Juni 2024,” sebutnya kemarin.

Data penerima bantuan menggunakan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI.

“Pada bulan Januari hingga Mei 2024 kemaren, kami telah melakukan penyaluran beras tersebut, ke kampung-kampung pada tujuh Distrik,” kata dia.

Dia menyebut, Penyaluran untuk saat ini, dikhususkan untuk kelurahan Kaimana Kota dan Krooy, serta Kampung Trikora dan Kampung Coa.

Pemerintah Pusat maupun daerah mempunyai kepedulian terhadap penduduk, sehingga dilakukan pendataan by name, by address bagi keluarga penerima manfaat.

“Pemerintah Daerah berharap, agar bantuan tersebut bisa tersentuh, oleh masyarakat dalam menekan angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Kaimana, ” pungkasnya. (lau)





Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.