Pemkab Kaimana Lepas 72 Kafilah Ikuti MTQ ke-10 Tingkat Provinsi Papua Barat

0
Kontingen MTQ Kaimana resmi dilepas oleh Asisten II Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kaimana, Dedi Ombaier. (Foto: Laurens/klikpapua)

KAIMANA,KLIKPAPUA.com- Asisten II Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kaimana, Dedi Ombaier melepas Kafilah Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Kabupaten Kaimana, di Gedung Pertemuan Krooy, Selasa (25/6/2024).

Kafilah MTQ Kabupaten Kaimana, akan mengikuti MTQ X tingkat Provinsi Papua Barat di Manokwari pada tanggal 01-04 Juli 2024, dengan motto, “Junjung Tinggi Kolaborasi Dalam Berkompetisi Untuk Meraih Prestasi Menuju Ridha Ilahi.

Asisten II dalam arahannya mengatakan, MTQ merupakan momen penting untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan serta membangkitkan semangat generasi muda dalam memahami, menghayati dan mengamalkan isi Alquran.

“MTQ merupakan kompetisi bacaan Alquran yang dihormati di Indonesia, memiliki peran penting dalam memperkuat nilai-nilai Islam, “ucapnya.

Ia berharap, pada Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) X tingkat Provinsi Papua Barat, Kafilah MTQ Kabupaten Kaimana dapat mengukir prestasi dan mengharumkan nama Kaimana dalam kompetisi tersebut.

Terpisah, Ketua Kafilah MTQ Kabupaten Kaimana, Jamiah Qomariah, dalam laporan menerangkan, kontingen MTQ Kabupaten Kaimana yang akan mengikuti 8 cabang musabaqah yakni, seni baca Al’quran terdiri dari, golongan tartil putra/putri, golongan tilawah putra-putri anak, remaja dan dewasa dan cabang Qiraa’at Al’quran murattal remaja putra/putri.

Selain itu, cabang Hifzil Qur’an hafalan yakni golongan 1 juz + tilawah putra/putri, golongan 10 juz dan 20 juz putra/putri dan cabang tafsir Qur’an bahas Indonesia putra/putri, bahasa arab putra/putri dan bahasa Inggris putra, cabang Fahmil Qur’an cerdas-cermat beregu dan cabang Syarh Al-Quran berregu.

Jamiah mengatakan, jumlah Kafilah Kabupaten Kaimana sebanyak 72 orang yakni, peserta 36 orang, pelatih 4 orang, Dewan hakim 4 orang, Official 19 orang, terdiri dari pengurus LPTQ dan pendamping.

Kafilah Kabupaten Kaimana terbagi menjadi dua kloter yakni, kloter I Kaimana-Manokwari berangkat 27 Juni 2024 dan kloter II Jakarta-Manokwari berangkat 29 Juni 2024.

Hadir dalam kegiatan itu, Forkopimda Kaimana, Ketua MUI Kabupaten Kaimana, Zein Farisa, Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Kaimana, Syahril, Ketua PHBI Kabupaten Kaimana, Safar Furuada, Ketua LPTQ Kabupaten Kaimana, Ja’far Wefete, Pimpinan OPD, serta tamu lainnya. (lau)





Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.