Pemkab Kaimana dan BPJS Kesehatan Cabang Manokwari Teken MoU UHC JKN

0
Bupati Freddy Thie bersama BPJS Kesehatan Cabang Manokwari Teken MoU UHC JKN. (Foto: Laurens/klikpapua)

KAIMANA,KLIKPAPUA.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaimana dan BPJS Kesehatan Cabang Manokwari, menandatangani rencana kerja universal health coverage (UHC) bagi peserta jamianan kesehatan nasional (JKN) yang dibiayai oleh pemerintah setempat.

Penandatanganan MoU ini dilaksanakan di pantai Bantemi Kaimana, Sabtu (8/6/2024) pada saat puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kaimana ke-21.

“Dari data yang kami dapatkan, hingga bulan Juni 2024 ini, kurang lebih sekitar 70.860 jiwa atau 108,7 persen dari jumlah penduduk Kaimana yang sudah dibiayai oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kaimana melalui APBD Kabupaten Kaimana,” kata Bupati Kabupaten Kaimana Freddy Thie.

Dijelaskan, Sesuai data yang tercatat dalam BPJS Kesehatan berjumlah 70.860 jiwa dari jumlah penduduk Kaimana, dengan tingkat keaktifan peserta berjumlah 68.525 atau 105 persen dari total penduduk Kabupaten Kaimana.

Pasti muncul pertanyaan karena datanya sudah sampai 70-an ribu. Perlu diketahui bahwa ada perpindahan penduduk, baik itu masarakat yang keluar dari Kaimana.

Ditahun 2023 yang lalu, Pemkab Kaimana mengalokasikan anggaran sebesar Rp 6.780.261.000 dari APBD Kabupaten Kaimana.

“Hari ini juga kita akan lounching kartu prioritas kesehatan yang akan diberikan kepada tokoh-tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat sebanyak 150, yang ditanggung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kaimana, dan mendapatkan prioritas dalam pelayanan di Rumah Sakit Kabupaten Kaimana, “sebutnya.

Dikatakan Bupati, Pemkab Kaimana akan meluncurkan program JKN dan KIS yang ditanggung oleh pemerintah pusat dan Jamkesmas yang ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Kaimana.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manokwari, dr. Dwi Sulistyono Yudo ketika dikonfirmasi secara terpisah mengatakan bahwa, dengan adanya MoU ini, membuktikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Kaimana peduli dengan masyarakat Kabupaten Kaimana dalam hal kesehatan.

“Dengan dilaksanakannya penandatanganan rencana kerja dan perjanjian kerjasama UHC Kabupaten Kaimana, ini merupkan bentuk komitmen Pemkab Kaimana dalam meningkatkan derajat kesehatan seluruh masyarakat yang ada di Kaimana,”tegasnya.

Selain itu, beberapa hari sebelumnya BPJS Kesehatan, telah menandatangani juga perjanjian kerja sama dengan tiga kepala kampung dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung dalam hal Program PESIAR.

Beberapa kegiatan forum pun telah dilakukan oleh BPJS Kesehatan cabang Manokwari dengan seluruh pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Kaimana. (lau)





Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.