Pemda Kaimana Gratiskan Pengobatan bagi Orang Asli Papua, Termasuk Biasa Operasi Sesar

0
164
KAIMANA,KLIKPAPUA.com– Pemerintah Kabupaten Kaimana dibawah kepemimpinan Bupati Freddy Thie dan Wakil Bupati Hasbulla Furuada, menggratiskan biaya berobat bagi orang asli Papua pada setiap fasilitas layanan kesehatan milik pemerintah.
Kebijakan ini sudah mulai diterapkan oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), yang tidak lagi memungut biaya rawat bagi orang asli Papua, termasuk membebaskan biaya operasi sesar.  Direktur RSUD Kaimana, Subhan Hassanoessi, SKM, S.Ap membenarkan ini saat dikonfirmasi disela kunjungan Bupati dan Wakil Bupati Kaimana ke RSUD, Minggu (8/8/2021) malam.
Menurut Subhan, pembebasan biaya kesehatan bagi orang asli Papua diberlakukan mengacu pada instruksi Bupati Kaimana yang meminta setiap fasilitas layanan kesehatan agar menggratiskan biaya pengobatan bagi orang asli Papua. “Untuk masyarakat asli Papua kita pastikan tidak dipungut biaya. Itu perintah resmi Bupati dan Wakil Bupati Kaimana yang harus kami jalankan. Jadi masyarakat Papua di Kaimana ini patut bersyukur dengan terobosan baru yang di ambil pemerintah daerah,” ujarnya.
Sementara terkait biaya operasi, Subhan jelaskan, operasi yang digratiskan untuk sementara hanya khusus operasi sesar, sementara operasi lainnya akan dipertimbangkan lagi kedepannya. (Iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.