Pemda Kaimana dan BNI Teken MoU dan Launching Penggunaan Kartu Tapcash e-Retribusi

0
40
KAIMANA,KLIKPAPUA.com Pemerintah Kabupaten Kaimana bersama PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Manokwari, Kamis (21/10/2021), melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pembayaran retribusi harian pasar dalam mendukung program smart city Kabupaten Kaimana.
Kegiatan yang dipadukan dengan launching atau peluncuran/peresmian program pembayaran retribusi harian pasar secara online menggunakan kartu Tapcash ini, dilaksanakan di Gedung Pertemuan Krooy, yang didahului penandatanganan MoU oleh Bupati Kaimana Freddy Thie, Kepala Kantor Cabang BNI Manokwari Maruli Ricardo Pardede, Kepala Bapenda Kaimana La Bania dan Kepala Kantor Cabang Pembantu BNI Kaimana Allard Robi Latupeirissa.
Bupati Kaimana Freddy Thie dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk inovasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kaimana dalam memberikan pelayanan yang baik untuk mendukung tata kelola keuangan, keuangan inklusif, dan perekonomian nasional guna percepatan dan perluasan digitalisasi melalui elektronifikasi transaksi pemerintah daerah di bidang pendapatan daerah, serta pembayaran di masyarakat secara non tunai yang berbasis digital.
Percepatan dan perluasan digitalisasi lanjutnya, perlu dilaksanakan untuk peningkatan efisiensi dan efektifitas layanan publik, sebagai upaya untuk mendukung transparansi dalam sistim pemerintahan, guna mengoptimalkan pendapatan daerah dan kesehatan fiscal.
Hal ini demikian Bupati, sejalan dengan misi pertama Pemerintah Kabupaten Kaimana “Mewujudkan kaimana yang adil, kreatif, inovatif, transparan dan anti korupsi serta berwibawa” Yang kemudian dijabarkan disalah satu program ungulan Pemerintah Kabupaten Kaimana “Layanan birokrasi terintegrasi berbasis aplikasi.”
“Harapan pemerintah Kabupaten Kaimana, dan juga harapan kita semua semoga pembayaran retribusi harian pasar dengan menggunakan kartu TapCash berjalan lancar dan dapat dikembangkan pada pungutan retribusi terminal, retribusi pelayanan pasar lainnya, retribusi pelayanan persampahan dan kartu pariwisata,” ujarnya.
Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada semua pimpinan Bank Nasional Indonesia beserta jajarannya atas dukungannya dalam mendukung program Smart City Kabupaten Kaimana yang dimulai dengan pembayaran retribusi harian pasar sayur dan pasar ikan.
Sementara Kepala Kantor Cabang BNI Manokwari Maruli Ricardo Pardede dalam sambutannya juga mengatakan, BNI siap memberikan berbagai macam solusi yang dibutuhkan untuk mempermudah Pemerintah Kabupaten Kaimana dalam hal pengelolaan keuangan, monitoring serta merekonsiliasi laporan keuangan yang hasil akhirnya dapat membantu pemerintah dalam menetapkan strategi dalam pengambilan keputusan.
Dikatakan, setelah MoU dan PKS ditandatangani, langkah awal akan dimulai dengan optimalisasi salah satu elemen Pendapatan Asli Daerah yakni Retribusi Pasar (e-retribusi), dimana untuk pedagang pasar akan dilengkapi dengan sarana pembayaran berupa kartu Tapcash serta mesin EDC maupun TopUp saldo, sedangkan di sisi Pemerintah Daerah akan disiapkan dashboard realtime yang dapat diakses setiap saat sehingga tuntutan transparansi dan akuntabilitas dapat terjawab.
“Setelah kegiatan hari ini, kita dapat tindak lanjut dengan implementasi solusi pengelolaan keuangan lainnya yang dapat kita integrasikan ke Core banking kami, sebagai contoh e-PBB yang sudah dapat dibayar melalui e-channel kami (mobile banking, ATM) sehingga terbentuk sebuah ekosistem pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan di lingkungan Pemkab Kaimana,” tambah Maruli.
Hadir dalam acara ini, Forkopimda Kaimana, para Pimpinan OPD, tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan, para pelaku usaha perdagangan, serta sejumlah tamu undangan. Kegiatan ini diselingi penyerahan cinderamata dari Pemerintah Daerah kepada pihak BNI. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.