Pembentukan Dinas Pemuda dan Olahraga Perlu Dikaji  

0
97
Rita Teurupun, S.Sos, Sekda Kaimana.

KAIMANA,KLIKPAPUA.COM- Sekretaris Daerah Kaimana, Rita Teurupun menyambut baik usulan masyarakat agar Bidang Pemuda dan Olahraga dijadikan OPD sendiri terpisah dari Dinas Pendidikan. Namun usulan tersebut menjadi tugas dan kewenangan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga untuk melakukan kajian dan evaluasi terkait tingkat kebutuhannya.

Sekda menyampaikan hal ini saat dikonfirmasi usai menghadiri seminar kepemudaan yang digelar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) Kaimana, Sabtu (2/11/2019). Menurut Sekda, perlu ada kajian mendalam terkait rencana pembentukan Dinas Pemuda dan Olahraga dimaksud.

“Ini kan baru sebatas masukan saja dari peserta. Apakah nanti direkomendasikan oleh Dinas PPO atau tidak itu tergantung dari Dinas sendiri. Setiap usulan memang seharusnya menjadi tanggungjawab dinas untuk melakukan evaluasi, selanjutnya apabila memang dibutuhkan, silahkan membuat rekomendasi,” ujar Sekda.

Rita akui, pemuda dan olahraga memang merupakan paket tersendiri yang tidak bisa digabungkan dengan pendidikan. Selama ini, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, selain mengurus pendidikan, juga hanya fokus mengurus olahraga, sementara urusan kepemudaan jarang diperhatikan. Karenanya, usulan pembentukan Dinas Pemudan Olahraga ini menjadi penting untuk dievaluasi.

“Selama ini yang dilihat oleh Dinas Pendidika, Pemuda dan Olahraga itu hanya pendidikan dan olahraganya, sedangkan untuk kegiatan kepemudaan seperti seminar dan lainnya tidak pernah diperhatikan. Jadi usulan pembentukan Dinas Pemudan Olahraga ini memang ada benarnya dan perlu dievaluasi,” tandas bakal calon Bupati Kaimana periode mendatang ini.

Sebelumnya, dalam kegiatan seminar, salah satu peserta , Marianus Nega mengusulkan agar Dinas Pendidikan harus dipisahkan dengan bidang Pemuda dan Olahraga, karena selama ini belum ada wadah yang mampu menampung aspirasi pemuda di Kaimana. “Kita kurang diberikan ruang karena Dinas PPO hanya fokus pada pendidikan dan olahraga. Kami ingin agar Dinas Pemuda dan Olahraga berdiri sendiri,” harapnya. (iw)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.