MANOKWARI,KLIKPAPUA.com– Mantan Pangdam XVIII/Kasuari yang sekarang menjabat Koordinator Staf Ahli Kepala Staf Angkatan Darat (Koorsahli Kasad), Letjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P., M.Si. datang kembali ke Papua Barat, tepatnya ke Kabupaten Kaimana.
Kali ini, kunjungan putra asli Papua yang menyandang pangkat jenderal bintang 3 tersebut bukan untuk mengunjungi wilayah tugas Kodam XVIII/Kasuari selaku pejabat Pangdam, namun untuk melaksanakan Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-109 TA 2020 yang digelar oleh Kodam XVIII/Kasuari di wilayah Kodim 1804/Kaimana. Hal ini disampaikan Kapendam XVIII/Kasuari, Kolonel Kav Zubaedi, S.Sos., M.M. dalam rilisnya, Minggu  (18/10/2020) di Kodam XVIII/Kasuari, Trikora Arfai 1, Manokwari, Papua Barat.
Lebih lanjut diungkapkan, Koorsahli Kasad yang berkantor di Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad) Jakarta ini, pada Sabtu (17/10/2020) telah meninjau langsung lokasi pelaksanaan kegiatan TMMD 109 Kodim 1804/Kaimana yang berada di Kampung Tanusan, Distrik Arguni Bawah, Kabupatan Kaimana.
Dalam melakukan Wasev TMMD 109, Koorsahli Kasad selaku Ketua Tim Wasev datang ke wilayah Kodim 1804/Kaimana didampingi satu  Pamen dari Mabesad, Letkol Kav Luluk S.
Adapun saat meninjau lokasi TMMD untuk melihat langsung proses dan hasil pekerjaan yang dilakukan personel Satgas TMMD di Kampung Tanusan ini, Tim Wasev dari Mabesad didampingi Perwira Staf Ahli (Pa Sahli) Bidang Ideologi dan Politik Pangdam/XVIII Kasuari Kolonel Arh Tri Sugiyanto dan Dandim 1804/Kaimana Letkol Inf Pomalanton Badiaraja Tambunan.
Ditambahkan Kapendam, Tim Wasev mengunjungi lokasi TMMD 109 Kodim 1804/Kaimana guna melihat langsung aktivitas personel Satgas TMMD, khususnya terkait dengan perkembangan dan kemajuan dari proses pengerjaan fisik sasaran TMMD di Kampung Tanusan, Distrik Arguni Bawah, berupa pembangunan delapan unit rumah untuk warga masyarakat.
Kita sudah melihat langsung dan juga mendapatkan laporan dari Dandim 1804/Kaimana selaku Dansatgas TMMD Ke-109 Kodim 1804/Kaimana. Alhamdulillah, apa yang sudah direncanakan sudah berjalan dengan baik,” ucap Ketua Tim Wasev, Letjen TNI Ali Hamdan Bogra dalam sambutannya saat mengunjungi lokasi TMMD di Kampung Tanusan, Distrik Arguni Bawah.
“Melalui program TMMD ini, TNI siap membantu program pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, guna terwujudnya pertahanan nasional yang mantap di segala bidang, serta meningkatkan Kemanunggalan TNI-Rakyat,” sambungnya.
Pada kesempatan itu juga diingatkan kepada Satgas TMMD bahwa pelaksanaan TMMD harus tepat waktu. Prajurit yang saat ini berada di lapangan, harus terus membangun komunikasi dengan masyarakat setempat, agar terwujud sinergitas antara TNI dan rakyat. “Kaimana merupakan salah satu lokasi TMMD 109 tahun ini. Untuk itu,  berikanlah pelayanan yang terbaik untuk rakyat dalam kegiatan TMMD ini,” pesan Ketua Tim Wasev TMMD 109 Kodim 1804/Kaimana.
Usai meninjau dari dekat progres pelaksanaan TMMD ke-109, tim bertatap muka dengan para tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat di Kampung Tanusan. “Dalam pertemuan singkat yang berlangsung dengan penuh keakraban ini, banyak hal yang dibicarakan bersama, termasuk salah satunya adalah dukungan dari para tokoh untuk turut membantu menyukseskan pelaksanaan TMMD di Kampung Tanusan, Kabupaten Kaimana,” tutup Kapendam XVIII/Kasuari.(rls/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.