Kapal Perintis Sabuk Nusantara Resmi Singgahi Dermaga Lobo

0
1279
Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara saat berlabuh perdana di Dermaga Rakyat Kampung Lobo_ Rabu 8 Januari 2020 malam.
KAIMANA,KLIKPAPUA.COM- Setelah sekian lama menanti, pasca diresmikannya dermaga Eman’sir pada 18 Desember 2014 oleh Bupati Matias Mairuma, akhirnya kerinduan masyarakat Kampung Lobo akan hadirnya sebuah kapal pengangkut hasil bumi pun terjawab.
Rabu (8/1/2020) sekitar Pukul 22.00 WIT, kapal perintis Sabuk Nusantara 75, yang merupakan implementasi dari program tol laut Presiden RI Joko Widodo akhirnya bersandar untuk pertama kalinya di Dermaga Eman’sir Kampung Lobo.
Kapal yang dinahkodai Irwan Hardianto ini, kedepannya akan melayani rute Dobo-Mimika-Kaimana-Fakfak-Sorong dan Lobo, dengan jadwal pelayaran satu bulan dua kali atau dua minggu sekali.
Pelayaran perdana KM Sabuk Nusantara ini disambut resmi Pemerintah Kabupaten Kaimana yang diwakili Wakil Bupati Kaimana Ismail Sirfefa, didampingi Sekretaris Daerah Rita Teurupun, anggota DPRD Lucky Loupatty, Kepala Dinas Perhubungan Daniel Irto Batto, Kepala Distrik Kaimana Sachrir Imananto Kamakaula, serta Kabag Humas Setda Kaimana Tomako Samaran.
Ratusan warga kampung Lobo, Kamaka, Werua, Warika dan lainnya, bersama sejumlah kepala kampung juga turut menyambut gembira kehadiran kapal yang kedepan akan membantu mengangkut hasil kebun mereka ke pasar dalam kota.
Penyambutan ditandai penjemputan secara adat Nahkoda Kapal Irwan Hardianto yang didampingi Kepala PT. Pelni Cabang Kaimana Budi Wibowo, yang kemudian diarak dengan tarian tifa panjang menuju Balai Desa.
Wakil Bupati Ismail Sirfefa dalam sambutannya mengatakan, kehadiran KM Sabuk Nusantara ini merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Daerah untuk menyediakan transportasi laut bagi masyarakat, khususnya Kampung Lobo dan sekitarnya yang berada di sekitar kawasan Teluk Triton.
Wabup Ismail akui, kerinduan masyarakat Kampung Lobo dan sekitarnya agar adanya pelayanan kapal perintis sudah terjadi sejak lama. Namun kerinduan tersebut baru dapat terealisasi saat ini, tepatnya diawalu tahun 2020.
Mewakili Pemerintah Daerah, Wabup Ismail menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Presiden RI Joko Widodo dan pihak PT Pelni yang telah menyediakan sarana angkutan berupa kapal perintios tolo laut Sabuk Nusantara 75.
Wabup berharap dengan hadirnya kapal Sabuk Nusantara ini, hasil pertanian masyarakat bisa diangkut menuju pasar dalam kota maupun lintas daerah. Ia juga mengajak masyarakat untuk giat mengolah potensi pertanian agar membawa manfaat bagi peningkatan pendapatan rumah tangga.
“Atas nama Pemerintah Daerah kami menyampaikan terima kasih atas hadirnya KM Sabuk Nusantara yang akan melayani rute Dermaga Lobo menuju dermaga lainnya. Kami berharap dengan adanya sarana transportasi ini hasil pertanian bisa dipasarkan langsung keluar Kaimana,” ungkap Wabup.
Kesempatan yang sama, perwakilan tokoh masyarakat Kampung Lobo, Lambert Orani, menyampaikan rasa bahagia atas hadirnya KMP Sabuk Nusantara. Ia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah menjawab kerinduan masyarakat Mairasi akan hadirnya sarana transportasi yang representatif.
“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah menjawab kerinduan kami warga Lobo dan masyarakat Mairasi pada umumnya. Supaya diketahui, kapal yang sekarang sandar di dermaga Lobo ini tidak akan kami sia-siakan,” ungkapnya bahagia.
Namun disisi lain, Lambert juga meminta Pemerintah Daerah agar menyiapkan juga sarana transportasi berupa kendaraan roda empat untuk mengangkut hasil pertanian milik masyarakat dari kebun menuju dermaga. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.