Dinas PPO Kaimana Gelar Seminar Kepemudaan

0
70
Sekda didampingi Kadis PPO, Wakapolres dan lainnya bersama peserta seminar kepemudaan.

KAIMANA,KLIKPAPUA.COM- Bertempat di Aula SMA Negeri 1 Kaimana, Sabtu (2/11/2019), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kaimana menggelar seminar kepemudaan dengan tajuk ‘Pemuda Dalam Pembangunan.’ Seminar yang bertujuan memberikan pemahaman kepada kaum muda agar turut berperan membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan akselerasi pembangunan ini dibuka Sekretaris Daerah Rita Teurupun, S.Sos.

Hadir dalam kegiatan yang melibatkan puluhan siswa-siswi perwakilan dari setiap SMA/SMK se-Kaimana ini Wakapolres Kaimana Kompol Ismail Ibrahim sekaligus sebagai nara sumber, serta Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kaimana, Kosmas Sarkol, S.Pd dan para guru pendamping.

Sekda Rita Terurupun dalam sambutan mengatakan, peran pemuda dalam pembangunan sangat dibutuhkan, karena pemuda merupakan generasi penerus cita-cita bangsa, yang nanti akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan bangsa. Sebagai generasi penerus cita-cita bangsa dan cikal bakal pemegang tongkat estafet kepemimpinan bangsa lanjut Sekda, maka pemuda harus bersemangat.

“Tunjukkan semangat kalian sebagai generasi penerus cita-cita bangsa, yang nanti akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan. Jangan rusaki masa depan kalian dengan perbuatan-perbuatan yang merusak diri pribadi, jauhi hal-hal yang menghambat cita-cita kalian dan kurangi bermain dengan media sosial seperti game-game yang tidak mendidik,” ajak Sekda.

Lebih jauh Sekda Rita juga mengajak kaum muda peserta seminar untuk mengubah pola pikir dari yang biasanya hanya berdiam diri, menjadi generasi muda yang mandiri dan mau berperan aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan. Pemuda harus kreatif dan inovatif, yang bisa menciptakan hal baru yang berguna bagi diri sendiri, masyarakat maupun daerah dan bangsa.

Untuk mencapai titik kemandirian lanjut Sekda, generasi muda dituntut untuk terus belajar sehingga bisa meningkatkan kompetensi diri. “Pendidikan itu penting dan belajar harus menjadi hal utama yang harus dilakukan generasi muda yang saat ini masih duduk di bangku sekolah. Dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki, kalian bisa mandiri dan mampu menciptakan hal baru yang berguna bagi diri sendiri dan orang lain,” ungkap Sekda.

Mengakhiri sambutannya, Sekda berharap generasi muda Kaimana bisa menjadi pemuda yang tangguh, kokoh dan siap membantu Pemerintah Daerah dalam membangun Kabupaten Kaimana. “Seperti kata Bung Karno, berikan aku sepuluh pemuda maka akan kuguncangkan dunia, berikan aku 1000 pemuda niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Itu artinya pemuda memiliki kekuatan yang sangat dibutuhkan dalam pembangunan,” pungkas Sekda. (iw)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.