Data KPM Rastra Kaimana Perlu Divalidasi

0
435
Suasana pertemuan pembahasan data penerima Bansos Rastra di Ruang Rapat Bupati Kaimana beberapa waktu lalu.

KLIKPAPUA.COM, KAIMANA- Total Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) untuk wilayah Kabupaten Kaimana hanya sebanyak 4.382 KK, tersebar di 7 wilayah distrik se-Kabupaten Kaimana. Data ini perlu diperbaharui atau divalidasi karena jumlah KPM yang layak menerima Bansos Rastra di Kabupaten Kaimana seharusnya mencapai lebih dari 9000 KK.

Usulan ini mengemuka saat pelaksanaan pada Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Program Bantuan Sosial Pangan (BPNT dan Beras Sejahtera) Tahun 2019 antara pihak pengelola Bansos dan Bulog Sub Divre Fakfak bersama Pemerintah Kabupaten Kaimana di Ruang Rapat Kantor Bupati Kaimana.

Dalam rapat yang dipimpin Asisten 1 Setda Kaimana, Luther Rumpumbo, S.Pd, sejumlah perwakilan OPD termasuk kepala distrik meminta agar data penerima Bansos Rastra di Kabupaten Kaimana divalidasi dan dimutakhirkan karena jumlah penerima bukan hanya 4.382, tetapi lebih dari 9000 KPM sesuai data yang dirangkum Bappeda-Litbang.

Jika data 4.382 tetap dipertahankan maka akan menimbulkan kecemburuan ditengah masyarakat, bahkan terjadi ketidakadilan pemerintah terhadap masyarakat yang seharusnya layak diberikan bantuan. Karenanya pembaharuan data KPM perlu dilakukan, sehingga masyarakat yang benar-benar layak mendapat bantuan dapat terakomodir.

“Kalau masih pakai data lama kami kepala distrik yang susah. Masyarakat tiap kali datang protes, padahal datanya sudah kami serahkan tapi tidak pernah diakomodir. Yamor itu hampir seluruh penduduknya layak mendapat Bansos Rastra, tapi kenapa tiap tahun hanya 387 KPM,” ungkap Kadistrik Yamor, Jamsul Runtuk.

Untuk diketahui, berdasarkan penjelasan Kepala Bulog Sub Divre Fakfak Winarni, Keluarga Penerima Manfaat Bansos Rastra di Kabupaten Kaimana yang diserahkan ke pihaknya untuk penyaluran beras hanya sebanyak 4.382. Jumlah ini tersebar di Distrik Kaimana sebanyak 1.454 KPM dengan total Rastra per bulan 14.540 kg.

Distrik Teluk Arguni sebanyak 651 KPM dengan total Rastra 6.150 kg/bulan, Distrik Teluk Etna sebanyak 401 KPM dengan total Rastra 4.010 kg/bulan. Distrik Buruway sebanyak 646 KPM dengan total Rastra 6.460 kg/bulan, Distrik Kambrauw sebanyak 430 KPM dengan total Rastra 4.300 kg/bulan, Distrik Arguni Bawah sebanyak 443 KPM dengan total Rastra 4.430 kg/bulan, serta Distrik Yamor sebanyak 387 KPM dengan total Rastra 3.670 kg/bulan.(iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.