Bupati Titip Triton ke DPR-RI, Berharap Masuk Destinasi Pariwisata Baru Indonesia 

0
75
Bupati terima cinderamata dari Kementerian Pariwisata RI pada kegiatan Bimtek pengembangan SDM Pariwisata era digital tourism 4.0.

KAIMANA,KLIKPAPUA.COM- Bupati Kaimana, Matias Mairuma, berharap pemerintah pusat menetapkan Triton sebagai destinasi pariwisata baru. Bupati berharap DPR RI dapat memperjuangkannya agar program pengembangan triton masuk dalam Renstra (Rencana Strategis) Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata.

Bupati menyampaikan ini saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan SDM Pariwisata di Era Digital Tourism 4.0 kerjasama DPR RI Tahun 2019 dengan Kementerian Pariwisata RI serta Politeknik Pariwisata Palembang yang dilaksanakan di Grand Papua Hotel, Selasa (5/11/2019).

Kegiatan ini sendiri menghadirkan nara sumber Drs. Alexander Renyaan, MM Asisten Deputi Pengembangan Wisata Alam dan Buatan Kementerian Pariwisata RI, serta Ario Indasworo Cahyono Aji dan Eviyanti Batubara Staf Ahli DPR RI Komisi X Fraksi PDIP. Sementara anggota DPR RI Jimmy Demianus Ijie, yang seharusnya menyampaikan materi peran DPR RI dalam mendukung pengembangan pariwisata di Indonesia, berhalangan hadir.

Menurut Bupati, beberapa tahun lalu ketika mempresentasikan potensi Triton di Kementerian Pariwisata, dirinya berharap pemerintah bisa menetapkan Triton sebagai destinasi pariwisata baru. Atau minimal lanjut Bupati, rencana pengembangan kawasan wisata Triton masuk dalam Renstra Kementerian Pariwisata.

“Beberapa tahun lalu saya presentasikan Triton di Kementerian Pariwisata, pada waktu itu menterinya Ibu Mari Elka Pangestu. Saya berharap sekali Pemerintah menetapkan Triton sebagai destinasi pariwisata baru. Minimal masuk dulu dalam Renstranya pemerintah pusat. Karena kalau tidak masuk dalam Renstra pemerintah, Triton ini tidak dilihat,” ujarnya.

Bupati juga berharap, DPR RI terutama perwakilan Papua-Papua Barat dapat membantu memperjuangkan posisi Triton menjadi destinasi pariwisata baru di Papua Barat. “Lewat Pak Jimmy Ijie, kalau misalnya beliau masih sayang orang Papua bisa kah Triton ini masuk dulu dalam agenda pemerintah pusat dengan status sebagai destinasi pariwisata baru,” pesannya melalui nara sumber.

Bupati tegaskan, Pemerintah Kabupaten Kaimana tidak meminta agar Triton masuk dalam 5 daerah prioritas seperti Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, Borobudur dan Likupa Manado, yang saat ini menjadi fokus perhatian Pemerintah Pusat. Namun Bupati juga pasrah, jika Pemerintah Pusat tetap tidak memperhatikan Triton, maka pengembangan Triton terpaksa dilakukan dengan cara lokal.

“Kita tidak minta masuk dalam daerah prioritas, cukup masuk di rangking yang mereka bilang destinasi pariwisata baru saja. Kalau ini disetujui, nanti perkembangannya akan terlihat. Tetapi kalau tidak, Kadis Pariwisata Pak Fenetiruma silahkan main kecil-kecil saja sampai selesai. Kita jalan saja pakai pendekatan kampung,” ujar Bupati.

Menutup sambutannya, Bupati Mairuma berharap agar kegiatan Bimtek Pengembangan SDM Pariwisata di Era Digital Tourism 4.0 kerjasama DPR RI dengan Kementerian Pariwisata RI serta Politeknik Pariwisata Palembang ini membawa manfaat bagi pengembangan pariwisata di Kabupaten Kaimana guna mendorong kesejahteraan masyarakat. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.