Bukan Hanya Pendidikan dan Kesehatan, BPJS OAP Juga Akan Gratis di Kaimana

0
128
Bupati Kaimana Freddy Thie
MANOKWARI, KLIKPAPUA.com– Pemerintah Kabupaten Kaimana telah menerapkan program gratis untuk bidang kesehatan maupun pendidikan 9 tahun, yang menggunakan dana Otsus.
Hal ini diungkap Bupati Kaimana Freddy Thie saat ditemui di Manokwari, baru-baru ini. Menurut Bupati Thie, Orang Asli Papua (OAP) yang sakit dan akan dirujuk tetap mendapat perhatian Pemerintah Kabupaten Kaimana. “Di rujuk ke di wilayah Papua, Papua Barat, maupun luar Papua Barat, tetap mendapat perhatian,” ungkap Bupati Thie.
Selain masalah kesehatan, Pemerintah Kabupaten Kaimana juga kedepannya akan kerjasama dengan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Ini untuk membiayai OAP  yang kategori di luar PNS. “Penduduk Kaimana kurang lebih 64 ribu dari data kualifikasi OAP kurang lebih 10 ribu, kalau satu tahun kita bayar iuran 216 ribu maka baru 2 Miliar lebih yang kita keluarkan untuk bayar iuran BPJS Ketenagakerjaan, sehingga  tidak ada  masalah  kalau kita  menjaminkan  kita punya OAP,” tandas Bupati Thie.
Bupati Thie menambahkan, selain kesehatan, pendidikan wajib belajar 9 tahun di Kabupaten Kaimana gratis, dana Otsus juga digunakan untuk biaya awal masuk siswa/i- OAP SMA/SMK yang ada di Kaimana. “Selain itu, kita juga memiliki 3 program di pendidikan, pertama bantuan studi bagi anak-anak Kaimana yang ada di kota-kota studi baik di Papua maupun di Jawa bagi OAP dan orang tua yang lama mengabdi di Kaimana. Bantuan tersebut diberikan kepada siswa yang duduk di semester 3, studi akhir, studi langkah seperti kedokteran dan lain-lain,” pungkasnya. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.