BPS Kaimana Peringati HSN 2019

0
364

KAIMANA,KLIKPAPUA.COM- Memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) Tahun 2019 yang jatuh pada Kamis 26 September 2019, jajaran Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kaimana menggelar apel di halaman kantor Jalan Casuarina Krooy. Upacara HSN yang dipimpin Kepala BPS Kaimana Melianus Wamafwa ini mengusung tema “Menuju Indonesia Maju Dengan SDM dan Data Berkualitas.” 

Kepala BPS Melianus Wamafwa membacakan sambutan tertulis Kepala BPS Pusat, DR. Suharyanto mengatakan, tema HSN Tahun 2019 sejalan dengan program prioritas Pemerintah selama lima tahun kedepan yaitu pembangunan SDM dengan menitikberatkan pada sektor kesehatan, pendidikan, vokasi, lembaga dan manajemen talenta. 

Dikatakan, kompleksitas permasalahan yang dihadapi tentu menuntut keakurasian dalam pengambilan keputusan. Data statistik menjadi sangat penting untuk menguraikan kompleksitas tersebut agar pemerintah memiliki landasan yang kuat untuk penyusunan kebijakan di berbagai bidang. 

“Disinilah peran BPS sebagai penyedia official statistics menjadi sangat penting. Ditengah membanjirnya data dengan volume, jenis dan kecepatan yang begitu luar biasa yang disebut big data, BPS sebagai lembaga penyedia official statistics di indonesia menghadapi tantangan baru,” ujar Melianus. 

Kepala BPS lebih jauh mengingatkan, tantangan BPS sekarang adalah menyediakan data berkualitas, bukan hanya dari sensus, survei dan data administrasi, tetapi juga memikirkan bagaimana memanfaatkan big data yang begitu luar biasa untuk membangun satu data indonesia yang berdasarkan prinsip; memenuhi standar, memiliki metadata dan memenuhi kaidah interoperabilitas data, serta menggunakan kode referensi dan data induk.

Untuk bisa melakukan itu semua lanjut Kepala BPS, BPS juga harus terus membangun SDM. Seperti yang tertera dalam Perpres  Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, maka di tahun 2019 ini, setiap BPS yang tersebar di seluruh Indonesia terus memperhatikan pembangunan SDM. Perlu ada peningkatan kualitas melalui berbagai pelatihan, workshop, technical asistance dan lainnya. 

Upacara memperingati Hari Statistik Nasional tingkat Kabupaten Kaimana ini diselingi penyerahan dokumen pendataan SP 2020 secara simbolis kepada perwakilan staf oleh Kepala BPS Melianus Wamafwa. Kegiatan ini kemudian ditutup dengan acara salaman dan foto bersama. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.