BPS Kaimana Gelar Pelatihan Bagi Petugas Susenas 2024

0
Pelatihan bagi Petugas Survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2024. (Foto: Laurens/klikpapua)
KAIMANA,KLIKPAPUA.com–Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kaimana, Senin (29/1/2024) menggelar Pelatihan bagi Petugas Survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2024.
Kegiatan yang dipusatkan di Grand Papua Hotel di buka oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kaimana, Masadi Yanry Koupun dengan melibatkan 47 peserta.
Kepala BPS, dalam arahannya menjelaskan, pelatihan bagi petugas Survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) dibagi melalui dua sesi yakni sesi pertama Hybrid atau daring pelatihan secara online yang dilaksanakan pada tanggal 21-27 Januari 2024, sesi kedua pelatihan secara offline yang dilaksanakan pada tanggal 29-30 Januari 2024.
Dipaparkan, Susenas 2024 bertujuan untuk mengumpulkan data yang akurat terkait kondisi sosial dan memotret kondisi agregat makro sosial ekonomi dengan salah satu indikator yang dihasilkan yakni indikator tingkat kemiskinan
Lebih lanjut kata dia, bahwa pengukuran indikator kemiskinan ini menggunakan pendekatan kebutuhan dasar (Metode Basic Need Approach) dimana seseorang dikategorikan sebagai kelompok miskin, apabila besaran nilai pengeluaran perkapita penduduk yang diukur, berada di bawah garis kemiskinan.
Dari survey ini, sampling yang disasar pada semua cluster pendidikan masyarakat, yakni masyarakat yang berpendidikan tinggi sampai berpendidikan rendah.
Secara agregat makro hasil Susenas  selain mengukur pengeluaran perkapita, yang akan menghasilkan seluruh indikator kesejahteraan rakyat yang terpilah dari setiap cluster yang didata.
“Untuk mendapatkan data yang baik proses bisnis pelaksanaan dilapangan akan dikawal secara ketat dan dilakukan monitoring sebagai jaminan kualitas data di lapangan yang pelaksanaan dimulai tanggal 1 Februari hingga 28 Februari 2024,”beber Kepala BPS Kabupaten Kaimana, Masadi Yanry Koupun.
Diakhir keterangannya dirinya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kaimana, agar dapat menerima petugas BPS dengan memberikan data yang sebenar-benarnya sehingga menghasilkan data yang berkualitas untuk perencanaan pembangunan, pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahtaraan masyarakat di Kabupaten Kaimana,” tandasnya. (Lau)

Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.