Bahas Data Pemilih, DPRD Kaimana RDP dengan KPUD, Bawaslu dan Disdukcapil

0
90
Ilustrasi data pemilih
KAIMANA,KLIKPAPUA.COM- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kaimana menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan KPU, Bawaslu serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kaimana membahas data pemilih untuk Pilkada Kaimana 9 Desember 2020.
Rapat yang digelar Selasa (4/8/2020) di ruang Paripurna DPRD Kaimana dan dipimpin Ketua DPRD Irsan Lie ini, turut dihadiri Wakil Bupati Kaimana, Ismail Sirfefa, S.Sos,MH, Wakapolres Kaimana Kompol Kristian Sawaki.
Ketua DPRD Irsan Lie menjelaskan, RDP ini dimaksudkan untuk menyamakan persepsi terkait pemutakhiran data pemilih yang selama ini selalu menimbulkan persoalan pada setiap pelaksanaan pemilihan umum.
Banyaknya warga pemilih yang tidak menggunakan hak pilih pada pemilihan umum akibat tidak terdata dalam daftar pemilih lanjut Irsan, merupakan sebuah kesalahan besar berkaitan dengan hilangnya hak politik seseorang.
Pantauan media ini, RDP ini sendiri diawali pemaparan hasil tahapan Coklit (Pencocokan dan Penelitian) yang dilakukan KPU melalui Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) belum lama ini, yang disampaikan Komisioner Divisi Data KPU Kaimana, Candra Kirana.
Candra pada kesempatan rapat membeberkan sejumlah temuan di lapangan yang berkaitan dengan data pemilih yang tidak valid. Temuan dimaksud diantaranya; masyarakat belum memiliki KTP padahal telah melakukan perekaman data, nama dalam KK (Kartu Keluarga) tidak sesuai dengan nama di KTP, KK ditulis tangan dan lainnya.
“Kami berharap temuan-temuan yang telah kami paparkan ini mendapat perhatian serius dari instansi terkait untuk membenahi data kependudukan, sehingga persoalan data pemilih tidak lagi menjadi momok yang bisa merusak pelaksanaan Pemilukada mendatang,” ujar Candra.
Rapat ini sendiri berakhir dengan terbangunnya komitmen bersama seluruh stakeholder untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kaimana 9 Desember 2020 dengan membenahi semua kekurangan yang selama ini selalu menjadi penghambat suksesnya Pemilu. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.