6 Titik di Kota Kaimana Menyediakan Wifi Gratis

0
76
KAIMANA,KLIKPAPUA.com–Satu dari 19 program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Kaimana periode 2021-2024 terealisasi. Bupati Kaimana, Freddy Thie meresmikan program wifi gratis pada 6 titik dalam wilayah Kota Kaimana dalam sebuah acara Lauching Free Wifi Station bertempat di Taman Kota Jokowi Iriana Kaimana, baru-baru  ini.
Launching Free Wifi Station kerjasama Pemda Kaimana dengan PT. Telkom ini, ditandai pengguntingan pita oleh Bupati Kaimana Freddy Thie dan Wakil Bupati Hasbulla Furuada didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kaimana Mozes D. Werinusa, serta Kepala Cabang PT. Telkom Kaimana Arnesius Leleuly.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kaimana, Mozes Werinusa dalam laporannya mengatakan, program pemasangan wifi gratis ini akan dilaksnakan dalam 2 tahap yakni tahap I sebanyak 6 titik dan Tahap II sebanyak 10 titik, yang keseluruhannya berada di ruang publik atau tempat-tempat yang dianggap strategis sehingga mudah diakses oleh masyarakat.
Untuk tahap pertama, pemasangan sudah dilakukan dan sudah bisa dinikmati oleh masyarakat yakni; Taman Jokowi Iriana, Gedung Pertemuan Kota, Anda Air, Bumsur Dalam, Gedung Pertemuan Krooy dan Coa. Saat ini, keseluruhannya sudah diaktifasi dan bisa digunakan.
Sedangkan untuk 10 titik pada tahap kedua, pemasangan baru akan dilakukan setelah dilakukan survey bersama pihak PT. Telkom, baik terkait sisi teknis pemasangan maupun sisi keamanan perangkat.
Pemasangan wifi gratis ini, disamping untuk merealisasikan program 100 hari kerja dan program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Kaimana periode 2021-2024, juga bertujuan; meningkatkan keterbukaan informasi bagi publik, meningkatkan kemampuan masyarakat dalam penggunaan dan pemanfaatan internet, membantu pertumbuhan UMKM, membantu pengembangan sektor pariwisata, memudahkan aksesibilitas pendidikan, serta meningkatkan kreativitas masyarakat.
Sementara Bupati Freddy Thie, dalam sambutannya mengatakan, wifi gratis ini, merupakan salah satu dari 19 program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kaimana periode 2021-2024. “Ini menandakan bahwa Bupati dan Wakil Bupati berkomitmen sesuai dengan visi misi dan janji untuk tunaikan wifi gratis. Wifi gratis ini tersebar mulai dari Anda Air sampai Coa,” ujar Bupati Freddy.
Bupati berharap agar fasilitasi gratis yang disediakan ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan masyarakat juga diminta untuk menjaga agar perangkat pendukung wifi gratis ini tidak rusak. “Diharapkan dengan launching free wifi ini, bisa membantu masyarakat dan juga adik-adik yang sekolah daring supaya tidak lagi membebankan orangtua disaat kondisi Covid saat ini. Gunakan dengan sebaik-baiknya jaga supaya jangan samapai barang ini rusak,” pinta Bupati.
Bupati tambahkan, satu station free wifi ini memiliki kecepatan sebesar 100 MBps atau mega byte per detik. “Sudah tentu ini cukup. Nanti kalau kedepan kalau masih kurang kita akan naikkan lagi ke jaringan yang lebih besar,” pungkas Bupati.
Kesempatan terpisah, Kepala Cabang PT. Telkom Kaimana, Arnesius Leleuly menjelaskan, wifi gratis yang dipasang ini bisa dijangkau hingga radius 20 meter. Jika di ruang publik atau ruang terbuka kecepatanya sangat baik karena tidak terhalang tembok bangunan atau lainnya. (iw)
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.