PON XX Papua, Jawa Barat Juara Umum Pencak Silat

0
25
Kontingen pencak silat Jawa Barat yang keluar sebagai juara umum di PON XX Tahun 2021 – Alan Youwe
JAYAPURA,KLIKPAPUA.com – Jawa Barat berhasil meraih gelar juara umum di Cabang Olahraga Pencak Silat PON XX Tahun 2021 pada partai final di GOR Habel Melkias Suwae, Toware, Kabupaten Jayapura, Selasa (12/10/2021).
Kontingen Jawa Jarat berhasil mengemas 14 medali, di antaranya, 6 medali emas, 5 perak dan 3 perunggu. Raihan 14 medali ini menjadikan Jawa Barat sebagai juara umum, sekaligus mempertahankan gelar tersebut sejak menjadi tuan rumah pada PON XIX Tahun 2016.
Torehan itu juga menggeser DKI Jakarta di posisi kedua yang meraih 3 medali emas dan 3 perak, sedangkan tuan rumah Papua puas di urutan ketiga dengan 2 medali emas, 4 perak dan 3 perunggu.
Manager Tim Jawa Barat, Mulyana mengatakan, ini adalah hasil yang luar biasa, karena dari semua nomor Jawa Barat bisa bersaing dan memberikan hasil medali, sehingga gelar juara umum di PON, khususnya Cabang Olahraga Pencak Silat dapat dipertahankan.
“Alhamdulillah yah, kita bisa mempertahankan juara umum meskipun kelas regu putri milik kita tidak dipertandingkan di PON XX kali ini,” kata Mulayana.
Dia juga mengatakan, dengan hasil ini kontingen pencak silat Jawa Barat tidak akan berpuas diri. Namun pihaknya akan segera kembali untuk mempersiapkan atlet melalui Pelan Olahraha Daerah (Porda) untuk dipersiapkan menuju PON selanjutnya.
“Setelah ivent PON di Papua kita di internal sendiri akan melaksanakan Porda, untuk menjaring atlet yang nantinya akan dipersiapkan untuk PON di Medan dan Aceh,” katanya.
Ia menambahkan bahwa kunci hingga Jawa Barat berhasil menjadi juara di PON adalah pembinaan berkelanjutan yang tidak lepas dari proses regenerasi pesilat.
“Pesilat yang kami bawa ke Papua ini selalu ada pesilat senior dan junior, nantinya yang junior akan menjadi senior dan diharapkan mereka yang akan bersinar di iven-iven yang akan datang,” ujarnya. (Alan Youwe/Timo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.