Panpel Tarung Derajat Gelar Bimtek Demi Suksesnya PON XX Claster Mimika

0
41
Ketua Tarung Derajat Provinsi Papua, dr. Nikodemus Kogoya (kanan) saat memberikan sambutan, didampingi Wakil Ketua 1 Bidang Pertandingan Arena dan Upacara Sub PB PON Klaster Mimika, Yulianus Sasarari (tengah) dan TD Tarung Derajat, H. Noves Narayana. (Foto: Indriyani Pariuri/Humas PPM)
TIMIKA,KLIKPAPUA.com—30 Panitia Pelaksana (Panpel) Cabang Olahraga (Cabor) Tarung Derajat, Selasa (28/9/2021) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) di Aula Lt.5 Horison Diana Hotel – Timika, yang akan berlangsung selama dua hari.
Sejumlah arahan diberikan terkait tanggung jawab bersama untuk menyukseskan pelaksanaan Cabor Tarung Derajat di ajang PON XX Papua Sub Klaster Mimika.
Kegiatan Bimtek Panpel Cabor Tarung Derajat ini dibuka Wakil Ketua I Bidang Pertandingan  Arena dan Upacara Sub PB PON Klaster Mimika, Yulianus Sasarari yang berpesan agar Panpel juga menjadikan momen penyelenggaraan PON XX 2021 Papua ini sebagai suatu kebanggaan.  Karena negara telah memberikan kepercayaan kepada Papua untuk menjadi tuan rumah.
“Seperti slogan yang kita buat, Torang Bisa.Kata ini harus kita pertanggung jawabkan. Karena dengan kata ini, seluruh daerah mulai dari Sumatera sampai Merauke yakin bahwa kita mampu menjadi tuan rumah. Untuk itu, meski didalam masa Pandemi Covid-19 ini kita harus tetap menjalankan amanat yang diberikan Presiden Republik Indonesia  kepada kita,” kata Sasarari.
PON selama ini, hanya bisa disaksikan di Televisi saja oleh semua orang di Papua. Akan tetapi kali ini, Papua menjadi penyelenggaranya dan bisa terlibat langsung didalamnya.
“Jadi, kita beryukur karena Mimika bisa menjadi tuan rumah dan kita berharap pasca PON nanti, bisa lahir atlet-atlet baru, khususnya di Cabor Tarung Derajat ini dari Kabupaten Mimika dan secara umum dari Tanah Papua,”harapnya seraya memberikan semangat.
Apresiasi lainnya juga disampaikan Wakil Ketua Panwasrah Sub PB PON Klaster Mimika, Dr Alman Hudri M.PD, bahwa PON XX Papua tahun 2021 ini merupakan satu kebahagiaan, karena Papua khususnya Klaster Mimika menjadi tuan rumah pertandingan Cabor Tarung Derajat ini. Dirinya berharap semua bisa berjalan lancer dan setiap prestasi bisa dicapai dengan maksimal.
Tidak hanya Papua yang akan bangga, tetapi juga negara NKRI. Karena PON XX bisa terlaksana dengana baik dan sukses. “Tentu kita harapkan dari pertandingan ini adalah pretasi yang akan membanggakan provinsi masing-masing, khususnya negara dan bangsa kita. Selain itu kami juga berharap agar olaraga ini bisa mendunia,”tuturnya.
Karenanya, Alman Hudri mengingatkan juga, jika ingin semuanya terwujud maka melalui PON sedini mungkin sudah dapat dilakukan prospek terhadap event-event besar, Kejuaraan Multi Event seperti Olimpiade, Asian Games ataupun Sea Games.
Harapan yang sama juga disampaikan Ketua Cabor Tarung Derajat Provinsi Papua, dr. Nikodemus Kogoya, yang meminta agar Delegasi Teknikal (TD) Tarung Derajat Klaster Mimika memberi dukungan penuh, sehingga Papua bisa menjadi Juara Umum.
“Hari ini kita melakukan Bimtek agar saat pertandingan nanti masing-masing Panpel dapat mengetahui, apa yang harus dilakukannya. Tingkat koordinasinya seperti apa jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan Bimtek ini semua Panpel dapat melihat dengan jelas dan tepa tapa Tupoksi,” jelas Nikodemus.
Karenanya, tugas utama Panpel ini harus bisa dijaga agar situasi pertandingan nanti dapat dibantu berjalan baik dan tetap kondusif, namun tetap pada koridornya
Hal senada juga disampaikan Delegasi Teknikal Cabor Taring Derajatm  H Noves Narayana, SE., M.Si bahwa kegiatan Bimtek ini telah dibatasi karena alasan Pendemi Covid-19.
Sehingga dari yang seharusnya bisa diikuti 70 anggota Panpel, kini hanya bisa terlihat sekitar 30 personil saja. Ini terdiri dari  Panpel Mimika, Pelaksana Inti, dan Koordinator Bidang. “Kita semua harus perlihatkan semanggat kita untuk saling mengingatkan agar pertandingan Cabor Tarung Derajat ini bisa berjalan baik,” tuturnya.
Kegiatan tidak bisa berjalan baik jika masing-masing Panpel tidak mengetahui tugasnya masing-masing. “Intinya, semua harus mengetahui tugasnya masing-masing jika ingin event ini sukses,” tegas Noves mengingatkan. (Indriyani Pariuri/Humas PPM/Ode)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.