Rayakan HUT ke-22, APKASI Diharapkan Makin Memantapkan Komitmen dan Eksistensi

0
23
Wamendagri, John Wempi Wetipo. (Foto: Puspen Kemendagri)
BOGOR,KLIKPAPUA.com–Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-22 kepada Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI). Ucapan itu disampaikan langsung oleh Wamendagri saat memberi arahan pada Malam Puncak Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22 di Vimala Ballroom Hotel Pullman Vimala, Ciawi, Kabupaten Bogor, Sabtu (18/6/2022). Perayaan itu bertepatan dengan gelaran Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIV APKASI.
“Saya atas nama Menteri Dalam Negeri dan seluruh keluarga besar Kementerian Dalam Negeri mengucapkan kembali,¬† selamat hari jadi Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia atau APKASI yang ke-22,” ucap Wamendagri.
Dia menuturkan, APKASI merupakan organisasi yang dideklarasikan pada 30 Mei tahun 2000 di Jakarta. APKASI terus tumbuh dan menjadi asosiasi kepala daerah terbesar dengan tujuan mewujudkan penyelenggaraan otonomi daerah. Dirinya mengapresiasi jajaran APKASI atas segala upaya pembangunan di daerahnya masing-masing. Wamendagri berharap, di usia yang ke-22, APKASI dapat semakin memantapkan komitmen dan eksistensi untuk mewujudkan otonomi daerah yang luas, nyata, dan bertanggung jawab.
Di lain sisi, para bupati yang merupakan bagian dari APKASI diharapkan dapat mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional melalui terobosan kreatif dari berbagai sektor, seperti pertanian, perikanan, dan lainnya. Ini perlu dilakukan untuk menambah pendapatan di daerahnya masing-masing. Dia menjelaskan, untuk memulihkan ekonomi nasional dibutuhkan sinergisitas semua pihak, sehingga laju perbaikannya semakin cepat.
“Model kolaborasi yang melibatkan seluruh pihak, baik dari pemerintah, akademisi, pengusaha, komunitas, serta media merupakan strategi kunci dalam memulihkan kembali perekonomian masyarakat yang menurun akibat pandemi Covid,” terang Wamendagri.
Dia menegaskan, komitmen dan sinergi dari berbagai pihak tersebut menjadi poros kekuatan dalam pengembangan dan pembangunan di berbagai sektor, khususnya di bidang ekonomi. Masing-masing pihak tersebut dapat mempresentasikan berbagai kepentingan dan fungsi yang dapat saling berkolaborasi, sehingga memunculkan inovasi pengetahuan dan langkah penyelesaian masalah.
“Untuk itu kepada seluruh bupati untuk dapat merangkul seluruh pihak yang dapat mendukung percepatan pelaksanaan pemulihan ekonomi,” tegasnya.
Adapun perayaan HUT ke-22 APKASI tersebut ditandai dengan pemotongan tumpeng. Selain itu, kegiatan tersebut turut dimeriahkan dengan gelaran Grand Final Pemilihan Puteri Otonomi Indonesia Tahun 2022. Berdasarkan  hasil penilaian dewan juri, perwakilan dari Kabupaten Tapanuli Utara yakni Gresita Fenny Yohana Siahaan berhasil terpilih menjadi Puteri Otonomi Indonesia 2022. (rls/bm)
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.