Peringati Sumpah Pemuda, Sekjen Kemendagri Ajak Elemen Bangsa Bersatu

0
60

JAKARTA,KLIKPAPUA.COM – Momentum 28 Oktober yang diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda merupakan waktu yang tepat untuk menyatukan seluruh elemen bangsa. Hal itu pula yang ditekankan Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo. Menurutnya, hanya dengan persatuan, cita-cita bangsa dapat diraih bersama.

“Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju.” Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa,” kata Hadi saat menjadi Inspektur Upacara dalam rangka Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di halaman utama Kantor Kemendagri, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Menurut Hadi, tema tersebut diperuntukkan oleh seluruh elemen bangsa terlebih bagi Pemuda Indonesia yang harus memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas, mandiri, inspiratif, serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global saat ini.

“Diharapakan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun dalam hal yang positif, pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda indonesia harus maju dan berani menaklukkan dunia, saya berharap ke depan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia,” ujarnya.

Hadi menambahkan, gerakan revolusi mental dan pembangunan karakter juga telah menemukan relevansinya. Sehingga diharapkan kita tidak lagi bertahan dalam menghadapi dampak negatif dari modernisasi dan globalisasi saja, tetapi harus memberikan warna untuk mengubah dunia yang didukung dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Kemajuan tidak akan pernah tercapai dalam arti yang sesungguhnya kalau masa depan itu hanya dipandang sekedar sebagai proses lanjut yang akan tiba dengan sendirinya, tapi bagaimana generasi muda merespon kemajuan itu dengan kearifan dalam menghargai keluruhan perjuangan dari generasi sebelumnya tanpa terjebak dalam kejayaan dan romatisme masa lalu. Tugas pemuda saat ini adalah harus mampu membuka pandangan keluar batas-batas tembok keminian dunia demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik,” jelasnya.

Semangat bagi para muda juga turut andil dalam menyemangati serta berpartisipasi dalam mengangkat nama bangsa di kancah Internasional. Untuk itu diharapkan para pemuda terus mengobarkan semangat dalam mengubah dunia ke arah yang positif.

“Semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia. Akhirnya saya mengucapkan selamat hari sumpah pemuda,” tutup Hadi.

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia” sebagai bagian dari persatuan.(rls)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.